sekarang ini udah banyak orang yang mau belajar desain. tapi banyak juga yang susah belajarnya karena kehambat faktor2 tertentu. dan salah satunya adalah imajinasi. imajinasi adalah faktor utama utk mewujudkan sebuah ide yang bagus dan unik ke atas kertas (atau layar monitor). tanpa imajinasi, setinggi apapun skill mengolah warna dan bentuk, kanvas akan tetap hampa.
disini saya mau share beberapa hal yang bisa ngembangin sisi kreatif anda yang 'kosong'. harap diketahui kalau kreatifitas bukan bawaan lahir tapi adalah hasil dari proses belajar.
1. Be different
langkah pertama untuk jadi kreatif adalah jadi seseorang yang berbeda. maksudnya disini adalah ngelakuin sesuatu yang gak pernah terlintas di pikiran. dengan ngelakuin sesuatu yang berbeda, imajinasi kita otomatis terasah. anda harus keluar dari zona nyaman anda dan berpikir seperti anak2!
dengan begitu, skill akan terasah sedikit demi sedikit dan imajinasi akan berkembang seiring dengan waktu
2. Optimis
jadi bagus itu...bagus. tapi bagus aja gak cukup kalau anda bermimpi utk jadi hebat. jadi tanamkan dipikiran kalau hal yg "bagus" ini bagaimana caranya supaya bisa "lebih bagus".
dengan cara ini, pikiran anda akan merasa kalo kepuasan itu gak ada batasnya. hasilnya? peningkatan kreatifitas! jadi mulailah berpikir luar biasa dan anda akan ngerjain sesuatu yang luar biasa juga. bukan lagi "biasa2 saja".
3. Belajarlah dari orang lain
hidup itu proses belajar. jangan pernah malu untuk belajar sesuatu dari orang lain. cobalah cari desain2 yang udah ada lalu tarik pelajaran dan kreatifitas yg ada didalamnya. dengan adanya internet, hal ini gak susah. desain2 para profesional bisa diliat dan dipelajari dengan mudah.
jadi jangan pernah malu belajar dan bertanya.
4. Terima kritikan
kritik memang pedas. ngedengerinnya aja kadang udah ngeselin. tapi pernah denger yang namanya kritik membangun? kritik adalah ungkapan dari suatu kekurangan. dengan belajar dari kritik, kita akan lebih memahami kelemahan2 kita dan tau bagaimana cara memperbaikinya.
kalau anda berani menerima kritikan, tidak mustahil kalau di masa yg akan datang anda akan tertawa betapa hebatnya anda bisa berubah menjadi lebih baik.
semoga bermanfaat :)
hmm... berpikirlah layaknya anak kecil? sayangnya karena udah dewasa jadi banyak pikiran. huhu
maksudnya be different itu gimana ya pak? contohnya jadi seseorang yang beda itu apa ya? trims
anak kecil itu polos. pikirannya belum terkontaminasi sama hal2 yang membebankan pikiran. makanya kalo mau ngasah daya imajinasi, kita harus dalam keadaan 'fresh'. dengan begitu, imajinasi kita bisa melayang dan pikiran lebih terbuka
kegiatan monoton yang dikerjain sehari2 memang udah bikin hidup kita berpola dan teroganisir. tapi keadaan tersebut menghambat perkembangan karena hal yang monoton bisa nutup wawasan.
gitu mbak maksudnya. hehe
harus belajar banyak dari ponakan - dia suka coret2 tembok. bagusan dia gambar daripada saya :p
Mantap om :)
Btw, tips2nya juga berlaku dlm keseharian. Terima kritik dgn lapang dada, belajar utk jd lbh baik, berpikiran optimis dan be different atau selalu berimprovisasi bs bikin org jd lebih baik dlm berkarir dan berusaha
bisa diterapin dimana saja. tujuannya disini adalah membuat pikiran lebih terbuka terhadap wawasan yang berujung ke meningkatnya imajinasi. bisa berkembang ke pola pikir dan inisiatif seseorang juga.
bakat desain lewat komputer gitu sama gak sih sama bakat ngelukis contohnya??
sama kalo diliat dari sisi imajinasi. dengan imajinasi, sebuah karya bisa direalisasikan. tapi kalo bicara implementasi dan cara pengembangannya pasti berbeda
bedanya cuma satu pake kuas satu pake mouse. toolsnya sama aja sih kelihatannya kalo ngeliat photoshop. jadi bisa aja yah seorang pelukis yang juga ngerti komputer utk bisa ngedesain lewat komputer. kalo buat CAD gitu gimana?
Desain itu macem2. Kalo lewat komputer misalnya kalo desainer illustrator biasanya kalo mau buat desainnya lebih bagus, mereka akan bikin sketsa pake pensil. Disini si desainer dituntut bisa gambar.
Karena gambar ini harus bagus dan jelas biar bisa di scan dan di trace.
sketsa pensil di scan terus dibuka pake illustrator sama photoshop gitu ya?
Betul sekali :)
saya gak bs ngelukis dan gak bisa gambar. imajinasi saya sedalam mata kaki bebek.
ajarin dong bos. bljr teori doang kagak bisa2 gue. wkwkwkwk
ini lagi si om :)) sedalem mata kaki bebek emang banjir yah? masih ngebekas traumanya kelihatanya :p lagi mau daftar binus center cuma kelasnya udah full. paling tunggu yang berikutnya aja sesuain sama waktu. ada yang mau ikut? :D
Ikuuuttt ;D
ayuuukkk.... yang di bintaro ya. om rudy juga ikut. rame2 makin seru :D
yuk ah mbak. daerah mana binus centernya? kalo deket dan wktnya bisa ayo.
btw, mau nanya neh emg kalo bljr di tmpt bimbel gitu diajarin jg cara buat kreatif? soalnya beneran kalo ngmng ttg imajinasi gue dodol bgt.
trauma motor mogok. hahaha.
Nice post pak Kurniawan. Apa imajinasi ada batesnya bagi tiap orang? Secara umum kan imajinasi is limitless tapi kalau imajinasi individual kan berbeda2 kan? Apa bisa seorang desainer "stuck" dan "buntu" karena udah sampe limit imajinasinya?
sehebat apapun seorang desainer, pasti ada batasnya. tapi para desainer profesional bisa mengantisipasinya dengan cara membuka wawasannya terhadap hal yang baru untuk ningkatin imajinasinya. imajinasi itu tidak terbatas, maksudnya adalah apa pun bisa dipikirkan sama manusia.
kalo dikasih contoh, jaman dulu gak ada yang namanya mobil dan pesawat. teknologi belum sampe kesana. tapi manusia bisa membuatnya karena mereka berimajinasi bagaimana bisa berjalan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan cepat dan bagaimana caranya supaya bisa terbang seperti burung. para penemu ini bisa dibilang sama dengan para desainer di aspek imajinasi. dengan adanya imajinasi, mereka bisa berkhayal tentang sesuatu yang belum nyata.
setelah khayalan itu ada, diterapinlah ilmu pengetahuan jaman itu. produk hasil dari imajinasi tergantung dari teknologi. sebelum ada konputer, imajinasi dan desain seringnya diterapin kepada objek dan kanvas seperti patung dan lukisan. setelah adanya komputer, produk hasil khayalan itu bisa dijadiin produk hasil cetak 2 dimensi dan 3 dimensi
thanks om. ijin share yah :D
weiisss si bos lg dakwah. hehe. too much imagination will not kill you :)
lagi nyari pengikut om kurniawan. hehehehe
ngikut aja biar nyiprat ilmunya :D
nyari murid baru si abang :)
Nyari follower, meneruskan wejangan :p
penerus warisan. hahaha. peace om :)
Permisi. Ane mau tanya website2 yang bagus buat belajar design. Yang free dan lengkap buat tutorial Adobe Illustrator sama Photoshop.
Mau nanya juga kalo design logo harus bikin sketsa juga?
tutsplus :)
design apapun bagusnya disketsa dulu pake tangan. komputer cuma membantu.
thanks!
Mantap penjelasannya :)
Kreatifitas itu udah bawaan karakter. Tapi bener kalo dibilang anak kecil pasti suka coret2. Walaupun jelek tapi itu bagus menurut mereka krn imajinasi mereka ngomong begitu. Dan krn kreatifitas asalnya dari imajinasi, orang yg udah tua jg msh bs belajar berkarya.... Sedikit telat tp masih memungkinkan
orang berumur juga banyak yang punya imajinasi tinggi :)
Junaidi
ngaku udah berumur ya om? hehehe
tua bukan pantangan :)
Tua2 keladi, makin tua makin jadi :))
up, hasil2 di deviantart bagus juga buat referensi. banyak perusahaan gede yang suka cari desainer disana.
pak Kurniawan member disana gak?
selamat siang. minta ijin nambahin
desainer memang dituntut untuk berpikir 'out of the box' supaya bisa berkreasi tanpa batas. tapi mereka juga harus berpikir 'inside the box'. ini karena desainer bekerja buat orang lain dan kepuasan klien adalah targetnya. ada yang pernah ngomong begini, desainer harus bisa nerapin mindsetnya untuk bisa sejalan sama kliennya supaya klien ini mau dilayani. ini karena gak mungkin seorang desainer cuma menerima klien yang mau dilayani dan ngedepak yang gak mau dilayani. bisa bangkrut dia.
sebuah desain memang terlihat sebagai sekedar estetika untuk sesuatu. tapi desain itu adalah hal yang harus bisa ditanggung jawabkan. contohnya, desain iphone pernah jadi masalah karena katanya ngikutin samsung (atau sebaliknya saya kurang ngikutin). intinya, suatu desain bukan sekedar hal yang diciptakan terus bisa dilupakan. desain adalah hal yang melekat di sesuatu yang di "estetika" kan, dan akan identik dengan hal itu seterusnya.
desainer sekarang udah sangat dibantu sama software yang canggih. dulu, desainer masih terbatas sama pensil dan kertas. tapi kenapa banyak desainer dulu dan yang senior lebih dianggap dibanding sekarang? jawabannya adalah kerja keras sama cara berpikirnya yang berbeda. dulu orang lebih berpikir bagaimana menciptakan sebuah desain yang menarik sebagai prioritas. dan karena lebih susah, desain lebih dihargai. sekarang desain jadi lebih mudah, dan karena juga banyak yang mengaku bisa desain langsung kerja freelance atau ngelamar sebagai desainer, tolak ukur kreatifitas semakin sempit, dan ini menyebabkan kenapa desain sekarang kurang dihargai.
kreatifitas memang masih diandalkan karena tanpa kreatifitas, sebuah desain gak mungkin bisa diciptakan. tapi menurut saya, modal seorang desainer lebih kearah mindsetnya.
semoga berkenan. jangan galak2 sama member baru ya :-)
makin jago si desainer, makin pemilih biasanya. jadi mikir "inside of the box" itu lebih banyak berlaku buat desainer awal sama desainer yang kerja buat profesi.
kalo udah terkenal, gak lagi terlalu mikirin duit soalnya desain yang dibikin pasti dicari. dia gak perlu lagi nyari dan ngikutin maunya klien, adanya klien yang nyari dan ngikutin maunya dia :)
betul sekali pak danna. dan karena desainer yang nyari duit itu biasanya belum begitu terkenal, desainer harus mikir didalem kotak dan juga diluar kotak.
thanks buat tambahannya bos :)
sekarang banyak yang bisa desain karena sarananya banyak. kreatifitas sama skill sama2 harus diasah kan?
sekedar nambahin, skill yang harus dimiliki oleh designer profesional:
Style
designer profesional harus punya stylenya sendiri, atau gayanya yang khas yang bisa membedakan dirinya dengan designer lainnya. dengan gaya sendiri, designer bisa punya ciri khas sendiri yang kemudian bisa dijadikan icon untuk mencerminkan hasil karyanya. ini akan membuat karya si designer punya peminatnya sendiri. untuk menemukan style ini, si designer harus tahu cara gayanya sendiri. caranya adalah menari cara design yang nyaman dan unik. kebanyakan designer pemula dan amatir cenderung mencontoh gaya temporer demi pengetahuan yang lebih luas, tapi kalau ingin punya style sendiri, designer harus cari sejarah dari design itu sendiri.
Management
designer profesional juga harus paham fundemental dari management. terutama management project. dengan mempunyai pemahaman ini, si designer bisa mengelola proyek bisa unggul dari designer lain yang perlu dikasih tahy apa dan kapan harus mendesign. management juga berarti kepemimpinan, kemandirian dan tanggung jawab. dengan management, designer bisa mengelola otoritas sendiri dan efektif menjalankan project yang diterimanya. tahu cara strategisnya apa, sadar akan kemampuan, status project yang fleksibel apa tidak, proses setelah project selesai, perencanaan dan implementasinya harus dikuasai dengan mutlak.
Communication
berkreasi adalah andalan designer. tapi seorang designer juga butuh untuk berinteraksi dengan orang lain, baik sesama designer, ataupun dengan orang yang non-design. kemampuan berkomunikasi adalah dasar dari sosialisasi. sebuah project tidak hanya dimulai dan diakhiri dengan komunikasi visual saja, tapi seorang designer profesional harus bisa mentranslate atau menjelaskan ide dan konsep mereka ke orang lain dengan lancar. designer tidak hanya berkutat dibelakang meja atau dibelakang komputer, menjadi designer profesional juga harus mampu kerja lapangan. oleh karena itu, ilmu berkomunikasi harus paham demi project agar berjalan dengan efektif dan efisien.
Creativity
tidak perlu dijelaskan lagi kalau kreatifitas adalah aset penting bagi designer. dengan kreatifitas, hal yang biasa bisa jadi luar biasa, hal yang gak sempurna bisa jadi sempurna. designer profesional harus bisa berpikir jernih untuk bisa menempatkan imajinasinya agar dapat memproduksi gambar yang mengungkapkan isi pikiran dan perasaannya. biarkan pikiran berjalan liar, dengan begitu hal2 yang mustahil yang tidak terpikirkan bisa terpikirkan.
Printing
hasil karya yang di layar komputer tentunya harus bisa dicetak. kemampuan menggunakan aplikasi Photoshop, Illustrator, Corel Draw, InDesign, dll sangat penting, tapi pemahaman tentang konsep layout, warna, dll tidak kalah penting. Dengan mengetahui sedikit banyak ilmu percetakan seperti warna adalah kombinasi dari warna2 lain dan bagaimana suatu warna bisa berinteraksi dengan warna lain dan perbedaannya di layar dengan di kertas cetak harus diketahui.
Photography
seorang designer tidak hanya mampu menciptakan gambar baru, tapi mampu juga memanipulasi gambar yang sudah ada. Gambar yang sudah ada bisa dari sumber orang lain, atau sumber sendiri. Untuk mendapatkan sumber gambar sendiri untuk dimanipulasi, designer juga paling tidak paham tentang teknik dasar dan pengetahuan umum fotografi. kamera apa yang baik, standar apa yang cukup, jenis lampu flash, dll adalah pengetahuan yang paling tidak akan berguna.
Connection
berkarir di bidang design juga harus mempunyai koneksi dan hubungan dengan orang2 yang punya profesi dan hobi yang sama. berdiri sendiri mungkin sanggup, tapi bimbingan dan dukungan dari orang lain, terutama yang sepaham, akan sangat berguna untuk perkembangan karir, ilmu dan pengalaman si designer. designer profesional harus punya jaringan yang cukup seperti designer lainnya, ahli pemasaran, web designer, blogger, redaksi majalah, photographer, dll. semakin banyak koneksi yang dimiliki seseorang, semakin bagus adanya.
Marketing
agar sebuah design yang ingin dijual bisa laku, designer harus tahu teknik pemasaran. tidak perlu mendalam, hanya dasarnya saja sudah cukup. keterampilan ini biasanya dibutuhkan bagi para designer profesional yang ingin mempromosikan brand mereka sendiri. dengan adanya internet, designer bisa memasarkan brand mereka di instagram, facebook, deviantart, dll. dengan kemampuan mencari follower dan fans sendiri, designer bisa membangin koneksi dengan orang lain, mendapat pengakuan, dan meningkatkan nilai brand mereka sendiri.
bagus sekali informasinya pak kurniawan. 5 stars.
thanks
intinya: freelance harus bisa segalanya.
namanya juga merangkap bos dan karyawan hehehe
jadi freelance duitnya buat sendiri gak bagi2 :) kan bos dan karyawannya satu orang :D
iya enak duitnya buat sendiri... gak enaknya repotnya merangkat kuadrat hahaa
repot bagi2 lah... kalo duit baru makan sendiri :)
pengennya sih gitu... sayangnya bikin repot orang itu ada harganya pak. hehehe
itu namanya derita bagi2, ketawa sendirian :))
hati2 sakit perut ntar. hahaha