Landing Page yang Efektif

7 posts / 0 new
Last post
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 1 year 4 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Landing Page yang Efektif

Sebagai pemilik dan/atau pengelola website, Anda pasti sudah tahu yang namanya Landing Page. Anda mungkin sudah merancang landing page Anda sedemikian rupa, sehingga dapat menarik minat pengunjung, dan mengurangi bounce rate website Anda, tapi seringkali perancangan ini tidak sesuai keinginan Anda.

Perancangan Landing Page berdampak cukup besar pada performa website dan usaha Anda di internet, dan sebuah Landing Page punya efek yang besar terhadap bagaimana kemampuannya menjerat para pengunjung website Anda.

Landing Page adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan halaman pada website yang pertama kali dikunjungi oleh pengunjung ketika mereka mengakses sebuah website. Biasanya, landing page berisi deskripsi produk atau website, atau bisa juga halaman utama dari website itu. Landing page merupakan aspek vital yang banyak berkontribusi pada keberhasilan website Anda.

Agar Landing Page Anda terlihat bagus dan kompeten, saya ingin berbagi berbagai caranya:

1. HEADLINE YANG BAGUS

Biasanya alamat sebuah Landing Page dibagikan ke link2 di internet. Umumnya, ketika pengunjung melihat dan mengklik suatu tautan di dunia maya, mereka langsung memiliki harapan dan persepi akan apa yang ingin mereka lihat pada Landing Page website itu. Jika headline dari Landing Page Anda tidak nyambung, tidak sesuai dengan pesan yang ingin Anda komunikasikan, maka para pengunjung ini tentunya akan kecewa.

2. STRATEGI KONTEN

Pengunjung website adalah manusia yang bisa merespon dengan cara yang berbeda antara satu dengan yang lainnyae, dan itu semua tergantung pada sejumlah alasan yang berbeda juga. Para pemilik website rata2 masih kurang menyadari bahwa apabila Landing Page harus menarik bagi semua orang yang mengunjungi website. Oleh karena itu, Anda harus tahu aspek2 yang mempengaruhi para pengunjung website Anda.

Jumlah Pengunjung pada Landing Page: Jika mereka pernah berinteraksi dengan website Anda sebelumnya, kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan?
Apa yang Mereka Ketahui: Informasi apa saja mengenai produk/jasa, perusahaan, website dan Landing Page Anda
Social Media: Apakah para pengunjung ini sudah follow Anda di Twitter dan like di Facebook? Bagaimana dengan testimonial dan komentar2nya?
Mengerti Istilah: Website Anda mungkin punya istilah2 untuk fitur2nya. Apakah pengunjung cukup familiar dengan hal ini?

3. MEMBERI KEUNTUNGAN

Mereka yang berada di internet adalah mereka yang punya tujuan. baik sekedar mencari atau hanya iseng2. Tapi mereka semua punya tujuan tertentu dan tidak mau mengabiskan waktu ke website yang tidak memberi mereka keuntungan.

70-80% dari website2 baru dan muda berasal dari mesin pencari. dan mereka ini adalah pengunjung baru. Untuk itu, Anda perlu memikirkan strategi untuk membuat para pengunjung baru tersebut betah berlama-lama di website Anda, dan bahkan bisa tergerak untuk bertransaksi di dalamnya. Caranya adalah dengan memberikan iming2 insentif.

4. TESTING

Hal ini sering dilupakan dan dianggap sepele. Sebagian besar pemilik website tidak pernah melakukan pengetesan terhadap website yang mereka miliki.

Pengetesan ini mencakup hal yang sederhana sampai kompleks. Cara pengetesan ini adalah mengetes variabel2, jumlah konversi, taktik dan cara pemasaran. Sederhananya, Anda harus memiliki setidaknya dua versi Landing Page: Versi control, atau tampilkan Landing Page yang memuat taktik dan strategi terbaik Anda. Dan Versi variasi, yang memuat call-to-action (CTA), video dan image.

Dengan mempunyai 2 Landing Page atau lebih, Anda dapat melihat Landing Page mana yang melakukan konversi, Anda akan mulai bisa mengenali pola landing page mana yang lebih efektif menarik minat pengunjung. Dari sana, Anda bisa mengembangkan pengetesan menjadi beberapa elemen tambahan, yang akan membantu Anda meramu strategi Landing Page yang menarik pengunjung ke tahap yang lebih lanjut.

5. HALAMAN LANJUT YANG TEROPTIMISASI

Ketika pengunjung telah berhasil dikonversi menjadi konsumen, beritahukan kepada mereka apa yang seharusnya terjadi selanjutnya. Misalnya dengan kalimat: "Kami akan menghubungi Anda kembali dalam waktu selambatnya 24 jam". Anda juga bisa mengajak mereka untuk follow dan like Anda di social media.

Untuk mengoptimalkan Landing Page Anda, ada baiknya Anda menanyakan hal2 berikut:

Apakah headline pada Landing Page Anda memiliki ketersambungan dengan pembicaraan yang Anda mulai melalui iklan yang Anda sebarkan?
Apakah Anda sudah memiliki konten dan strategi untuk menarik perhatian semua tipe pengunjung website?
Apakah Anda sudah memberikan insentif tambahan bagi para pengunjung atau pembeli pertama di website Anda?
Apakah Anda sudah melakukan pengujian dengan menggunakan setidaknya satu variasi desain pada Landing Page Anda?
Apakah Anda sudah mendukung optimasi landing page dengan laman lanjutan yang mengundang dan mendorong koneksi serta komunikasi lebih lanjut?

Jangan lagi anggap enteng landing page Anda, karena inilah awal perkenalan pengunjung dengan website Anda, dan tempat paling tepat untuk menjaring sebanyak-banyaknya pengunjung baru untuk bisa dikonversi menjadi konsumen.

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 3 months 2 weeks ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
pertamax!

pertamax!

landing page bukan cuma home page yah?

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 1 year 11 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
tumben om Rudi nanya. hahaha.

tumben om Rudi nanya. hahaha... suka merendah nih :p

0
No votes yet
Kurniawan
Kurniawan's picture
Offline
Last seen: 3 months 1 week ago
Joined: 31 Jul 2013 - 11:49
Points: 315
hahaha... om Rudi pura2 nih.

hahaha... om Rudi pura2 nih.

landing page itu bisa page apa aja di website. biasanya adalah page pertama yang dibuka orang dari link2 yg ada di internet

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 3 months 2 weeks ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
hahahaha emg gw gak boleh

hahahaha emg gw gak boleh nanya ya? kan masih belajar juga. nubie :)

0
No votes yet
Dian
Dian's picture
Offline
Last seen: 2 months 1 day ago
Joined: 4 Oct 2013 - 16:32
Points: 192
saya pernah nemu alamat web

saya pernah nemu alamat web dari iklan di koran. tapi cuma halaman biasa yang gak ada apa2nya. udah gitu didalem halaman web itu iklannya bejubel. niat nyari orang buat klik iklan kali yah? hahaha

sekedar info: sekarang banyak tuh landing page yang gak beres. walaupun gak sebanyak dulu yah. sampe2 di video youtube (bukan bagian komen) ada yang nipu ke halaman web tertentu supaya orang ngelakuin hal2 yang kliatannya scam. waspadalah bro dan sis.

0
No votes yet
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 4 months 3 weeks ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 373
masih banyak kok... sampe2.

masih banyak kok... sampe2. iklan adsense jg pdhl

0
No votes yet