Online marketing untuk meningkatkan penjualan offline

5 posts / 0 new
Last post
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 2 months 2 weeks ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Online marketing untuk meningkatkan penjualan offline

Online marketing adalah salah satu strategi marketing jitu yang harus diterapkan oleh setiap brand.

Faktanya, online marketing merupakan hal paling baik dan paling murah untuk mendorong penjualan offline. Hanya aja kesalahan yang dilakukan marketers dan sales adalah mengukur efektifnya online marketing dengan ukuran digital seperti banyaknya klik, shares atau retweet. Sebenarnya, gak ada dari itu yang menekankan efek dan prilaku konsumen offline seperti words of mouth yang dilakukan offline lebih powerful dibanding words of mouth yang dilakukan online.

Ada 5 strategi online marketing untuk meningkatkan penjualan offline.

1. Menarik perhatian. Untuk memaksimalkan online marketing maka content perlu untuk memfokuskan pada hal2 yang menarik perhatian. Orang akan suka membagikan hal2 tsb karena punya kekuatan emosional. Ini yang harus disadari para marketers dan sales. Hal yang menarik perhatian bisa berupa humor, hal2 yang mengejutkan, dll.

2. Ketepatan waktu adalah hal berikutnya. Salah satu strategi online marketing yang penting adalah jika sebuah campaign diluncurkan di waktu yang tepat saat orang memang tengah menghabiskan banyak waktunya secara online. Riset menunjukkan bahwa orang akan online dan bersosialisasi dengan orang lain antara jam 8 sampai 10 pagi di hari kerja. Ini merupakan waktu ideal untuk meluncurkan sebuah campaign digital yang akan dishare secara offline diantara rekan kerja mereka.

3. Konten harus mudah dicari. Marketer harus memperhatikan bahwa content yang mereka pasarkan harus conversation friendly dan mudah dipasarkan dari mulut ke mulut. Informasi ini akan berpotensi besar untuk dibawa dalam conversation offline. Informasi yang cepat amat penting dalam strategi online marketing.

4. Rekomendasi. Sekitar 25% dari word of mouth marketing berasal dari 10% populasi yang paling aktif dalam membuat rekomendasi. Ini merupakan salah satu strategi online marketing untuk memakai para influencer tersebut. Mereka memiliki cara unik mereka sendiri untuk bisa meluncurkan campaign ke para pembaca. Artis2 banyak dipakai sebagai medium yang merekomendasi atau "iklan". dengan ini, mereka memasarkan content yang bisa dibagikan ke orang lain untuk menyebarkan pesan mengenai produk dan brand.

5. Pengunjung tetap adalah para brand advocates yang mengunjungi berbagai website secara reguler dan mereka harus mendapatkan content fresh yang menarik. Mereka akan membagikan content yang mereka dapat melalui social media, email dan mulut ke mulut. Dengan mendesain content yang menarik para brand advocates ini maka secara langsung strategi online marketing bisa meningkatkan penjualan offline.

Lima hal tersebut merupakan beberapa hal pada online marketing yang bisa meningkatkan penjualan offline. Lima hal tersebut banyak menekankan pada content dan people. Ini karena faktor utama dari penjualan itu adalah manusia. kita menjual barang ke manusia. bagaimana pun caranya, manusia tetap diprioritaskan dengan mengetahui cara kerja pikiran mereka.

0
No votes yet
Gunawan
Gunawan's picture
Offline
Last seen: 2 months 1 week ago
Joined: 14 Aug 2013 - 16:30
Points: 246
apa aja di internet bisa go

apa aja di internet bisa go viral... asal strateginya bener, kemampuan marketing via internet gak terbatas... tp bener klo mulut ke mulut offline lbh ampuh krn biasanya kan kita kenal sama lawan bicara kita. dan orang biasanya percaya klo ada omongan lgsg dr org yg dikenalnya

0
No votes yet
Junaidi
Junaidi's picture
Offline
Last seen: 4 months 1 week ago
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 507
Gimana caranya bikin suatu

Gimana caranya bikin suatu hal go viral klo public aja gak tertarik?

Junaidi

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 2 months 2 weeks ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
iya, apa aja bisa viral di

iya, apa aja bisa viral di internet. para marketer harus bisa ambil kesempatan ini sebagai keunggulan utk ngejual produk dan jasanya.

contohnya, klo mau ngejual sesuatu lewat internet, buat supaya produk atau jasa itu mengundang org utk sharing selain sekedar menarik aja. setelah produk atau jasa itu mengundang utk dishare, tentunya informasi tsb harus gampang juga utk dishare. jadi integrasi sosial media amat penting disini karena sosial media udah lama dikenal sebagai tempat dimana omongan mulut ke mulut gampang tersebar.

0
No votes yet
Elisa
Elisa's picture
Offline
Last seen: 2 months 4 weeks ago
Joined: 30 Apr 2013 - 12:54
Points: 240
Susah ooooommm...

Susah ooooommm...

gak selalu orang mau share. mungkin caranya adalah PDKT dulu ke orang2 baru mereka mau nyebar

0
No votes yet