Tips buat bikin blog yang menarik

3 posts / 0 new
Last post
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 3 years 8 months ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
Tips buat bikin blog yang menarik

Salam buat semua om2 dan tante2 sekalian.

Saya pengen share tentang blog2 yang menarik untuk konsumsi orang2 di indonesia. Di forum ini yg isinya banyak pemilik website dan blog paling tidak pernah kepikiran untuk membuat blog. Dan disini saya ingin ngasih tahu topik2 yang menarik buat anda2 yang ingin bikin blog baru dan punya traffic tinggi :)

Gak bisa dipungkiri bahwa kita ngeblog atau membuat website dengan tujuan memberi informasi apa yang kita tulis kepada orang lain sebanyak mungkin. Tapi kenyataan tidak selalu demikian. Mungkin tulisan yang kita anggap sangat baik di persfektif kita ternyata hampir tidak ada yang mengunjungi. Adakah cara-cara untuk meningkatkan traffic blog/web kita?

Disini saya hanya akan share apa yang telah saya coba lakukan untuk meningkatkan traffic blog saya. Mungkin cara/tips saya sedikit berbeda dengan rekan2 yang lain.

1. Pilih topik yang menarik minat

Berikut beberapa topik yang sangat ‘disenangi’ masyarakat Indonesia:

Berhubungan tentang seks dan p*rn*grafi,
Topik terhangat (perang, politik, gosip, berita BBM, dsb).
Topik kontroversial.
Lowongan pekerjaan, soal-soal tes masuk CPNS dan perguruan tinggi
Topik khusus seperti hobi,marketing, tip/trik.

2. Konten berkualitas

Setelah membuat blog berisi konten2 yang memuat salah satu yang diatas, kutip dengan minimal 2 opini orang yang berbeda mengenai hal tsb. Bandingkan dan dukung salah satunya dengan komentar anda sendiri.

3. Update terus

Jika Anda pemula, luangkan waktu 1-3 kali dalam seminggu utk mengupdate tulisan artikel baru. Dengan bertambahnya tulisan baru, statistik blog akan cenderung mengalami peningkatan.

4. Kata kunci

Kata kunci disini maksud saya adalah 'tag'. dengan adanya tag, artikel yang berhubungan bisa digabung jadi satu sehingga memudahkan pembaca untuk browsing di blog anda.

5. Link

Semakin banyak situs anda terhubung dengan situs lain, maka blog Anda akan 'tersebar' dimana-mana.

Ada beberapa cara untuk mencari link untuk blog Anda:
- Komentar pada blog orang lain.
- Daftarkan blog Anda pada beberapa situs referensi (social bookmarking).

6. Design yang baik

Jika desain dan layout blog/web Anda berantakan atau sulit dibaca, bisa dipastikan anda akan kehilangan pengunjung. Carilah theme yang menarik, sesuai dengan karateristik blog, dan nyaman untuk dibaca. Masukkanlah asesoris pendukung seperti gambar dan media yang secukupnya. Jika terlalu banyak media/gambar, maka orang akan kesulitan untuk membuka, sehingga orang bisa langsung pindah ke website/blog lain.

7. Tulisan orisinil

Jadikan blog anda unik. Anda juga bisa menjadi pionir dalam penulisan suatu artikel yang belum digarap oleh media apapun, baik koran, web ataupun situs lainnya. Anda bisa pakai data statistik ataupun pengolahan data2 dari situs2 lain, lalu digabungkan untuk jadi satu artikel yang benar-benar baru.

8. Pelajari statistik blog

Pelajari statistic dan keyword di google search blog anda. Apa saja yang membuat pengunjung singgah di blog anda dan artikel mana saja yang tidak disukai oleh pembaca. Ini akan membantu banyak dalam penentuan tulisan mana yang lebih baik di masa akan datang.

9. Minta komentar

Sebisa mungkin, setiap artikel anda akhiri dengan suatu statement ataupun pertanyaan yang mengundang pengunjung untuk bertukar pendapat (minta feedback terhadap tulisan anda). Selain itu, para pembaca akan merasa senang karena dianggap penting. Dari komentar yang masuk, sebaiknya komentar itu dapat dibalas dan posisi anda sebagai mediator yang tidak terlalu berpihak Kalau banyak komentar yang masuk, balas komentar2 tertentu aja yang dipilih secara selektif.

10. Membangun

Yng tidak kalah pentingnya adalah orisinalitas. Pastikan artikel anda adalah murni tulisan Anda. Jika anda mengutip tulisan orang lain, Anda lebih baik cantumin sumbernya. Dan tunjukkan bahwa Anda mengambil tulisan tersebut dari pihak/situs orang tersebut dan menyampaikan apresiasi terhadap situs tersebut. Sangat disayangkan, jika hanya copy-paste artikel orang lain. Kita tidakjadi tidak kreatif dalam membuat tulisan dan ngeblog.

Salam dan sukses buat para rekan2 blogger :)

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 6 years 3 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
Topik 1 udah pasti tinggi.

Topik 1 udah pasti tinggi. hehehe

Thx buat sharenya

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 8 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Google suka blog yang sering

Google suka blog yang sering di update. begitu juga orang2 juga suka konten baru. jadi konten harus terus diupdate. klo bisa setiap hari klo ada waktu. minimal 2-3 kali seminggu. makin banyak artikel, makin banyak juga yg ke index Google. dan meningkat juga kemungkinan blog kita berhasil tembus keywords tertentu.

bener klo topik 1 diminati. tapi sangat gak direkomendasi untuk bikin blog ttg hal itu.

Maju terus blogger Indonesia.

0
No votes yet