Sebesar Apa Google?

39 posting / 0 new
Entri terakhir
Ramli
Avatar Ramli
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 7 Nov 2014 - 12:50
Points: 256
Sebesar Apa Google?

Pertanyaan ini ada di pikiran sebagian pengguna internet. Sebagai perusahaan besar yang sukses di dunia maya, Google bisa dibilang unggul di bidangnya tanpa saingan. Sebagai search engine terbesar dunia dengan banyak layanan internet lainnya, Google lahir dari coding para programmer.

Seperti halnya semua software dan apps, Google berawal dari nol. Nol ini berarti Google belum pernah diciptakan. Sebesar apakah Google?

Belum ini saya nemu artikel menarik dari Wired yang mau saya share disini.

Google dalam perkembangannya di dunia bisnis bisa dilihat dari penghasilan dan pengaruhnya. Misalnya berapa pendapatannya per kuartal dan per tahun. Tapi sedikit orang yang tahu sebarapa besar Google secara keseluruhan.

Untuk para programmer dan developer software, pasti namanya kenal yang namanya coding. Setiap kata, huruf dan tanda baca berarti sesuatu.

Rachel Potvin dari Google sedikit menjawab pertanyaan ini. Dalam sebuah pertemuan di Silicon Valley, Rachel Potvin menjelaskan bahwa estimasi besarnya software yang bekerja untuk menjalankan Google, mulai dari search engines beserta tampilannya, Gmail, Maps, Google Docs, Google+, Google Calendar, Gmail, YouTube dan masih banyak layanan Google lainnya, membutuhkan lebih dari 2 milyar baris kode.

2 milyar baris kode memang banyak. Tapi apa memang jumlah segitu termasuk banyak untuk perusahaan sekaliber Google?

Disini ada perbandingan antara Google dengan Microsoft Windows. Windows yang dibuat dari tahun 1980an dan terus diperbaiki dan disempurnakan, disebut mempunyai sekitar 50 juta baris kode. Kalau perbandingan ini memang benar, tandanya membuat Google sama saja seperti membuat Windows 40 kali.

Terus kalau dibanding dengan Facebook yang merupakan salah satu pesaing yang kuat di dunia maya, Facebook diperkirakan mempunyai sekitar 60 juta baris kode. Bank besar dunia mempunyai sekitar 100 juta baris kode di sistemnya. Yang mungkin paling mendekati Google adalah HealthCare.gov yang merupakan website khusus untuk asuransi Amerika yang mempunyai sekitar 500 juta baris kode.

2 milyar baris kode sumber (source code) itu berada di suatu repository yang bisa diakses oleh semua 25,000 karyawan Google. Mereka menganggap Google seperti sebuah sistem operasi raksasa.

Walaupun Potvin tidak bisa membuktikan jumlah pasti dari besarnya Google, yang bisa dia pastikan adalah Google berada di satu repository koding terbesar di dunia.

Dengan karyawan Google mendapat akses kepada repository tersebut, Google bisa berada di tengah2 mereka dengan kemampuan dan ide yang beraneka ragam. Sebagai contoh, GitHub mempunyai jutaan project yang bisa diakses oleh siapa saja. Google melakukan lebih dari ini dengan menggabungkan semua menjadi satu kesatuan, menciptakan Google.

Dengan 2 milyar baris kode, mereka di Google mempunya kebebasan untuk memakai kode yang ada di project yang diinginkan. Menurut Potvin, kalau ada yang mau membuat project baru, mereka di Google punya semua itu disiapkan. Hampir semua yang pernah dibuat, bisa dilihat dan bisa dipakai ulang. Keunggulan lainnya adalah kalau ada perubahan di satu baris kode saja, perubahan itu bisa dilihat di semua layanan Google.

Jadi satu update saja bisa mengupdate semua dari Google.

Semua dari Google diperkirakan sebesar 85 terabytes, atau sekitar 85,000 gigabyte. Karyawan Google melakukan 45,000 perubahan ke repository per hari. Kalau mau diperbandingkan, Linux yang merupakan sistem operasi open source terbesar, mempunyai 15 juta baris kode dengan 40,000 file. Google mengubah 15 juta baris kode yang berada di 250,000 files per minggu.

Dengan sedemikian banyak perubahan di suatu yang sudah sangat besar, tentunya akan ada saatnya dimana suatu perubahan akan konflik dengan perubahan yang lain. Letak human error tidak bisa dihilangkan mau bagaimana pun juga. Disini, Google juga mempekerjakan bot untuk membantu manusia dalam melakukan perubahan pada sistem Google. Walaupun bot ini tidak secara langsung mengubah Google, tapi bot ini yang membuat data dan penyesuaiannya, serta memantau "health" dari sistem secara keseluruhan.

Untuk hampir semua orang yang mengakses Google, YouTube, Gmail, dll. Mereka dimanjakan dengan tampilan sederhana dan respon yang cepat. Semua dari Android dan layanan lainnya seakan terintergrasi menjadi satu, dan semua itu seakan bekerja tanpa ada kendala. Untuk website di internet yang pada umumnya berkisar antara beberapa ribu sampai beberapa ratus ribu baris kode, perbandingan ini memang ekstrim. Tapi mau benar atau pun tidak jumlah 2 milyar ini, angka tersebut bisa jadi gambaran sebagaimana besarnya Google kalau dibandingkan dengan software yang pernah ada.

Ini ada infographic untuk gambaran dan perbandingan

5
Your rating: Nihil Average: 5 (6 votes)
Prabusuwono
Avatar Prabusuwono
Offline
Last seen: 3 hari 5 hours yang lalu
Joined: 13 Des 2013 - 14:31
Points: 498
nice post bos!! :) canggih

nice post bos!! :) canggih juga Google pake bot buat bantu manusia bikin kodingnya. 2 milyar baris sebetulnya juga udah dibantu sama akuisisi perusahaan lain jadi tinggal terima jadi. tapi jumlah segitu sampe Windows aja jauh ketinggalan. Padahal Microsoft udah berdiri lama sebelum Google.

+5. ijin share ya

0
No votes yet
Rudiansyah
Avatar Rudiansyah
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
keciiillll :)))) kalau

keciiillll :)))) kalau dibandingkan dengan gen tikus. Apalagi manusia :))

gak heranlah, 25rb karyawan yang kerja tiap hari, jangan dibanding sama website berita yang kebanyakan jurnalis atau facebook yang kebanyakan user. konten mereka boleh banyak ngalahin google, tapi dari segi source code, mereka bukan developer atau programmer.

4.5
Your rating: Nihil Average: 4.5 (2 votes)
Angga
Avatar Angga
Offline
Last seen: 1 tahun 1 pekan yang lalu
Joined: 27 Jul 2015 - 14:59
Points: 63
saya pernah baca dulu kalau

saya pernah baca dulu kalau google memang punya source code repository yang besar dan cuma bisa diakses sama pihak dalam saja, tidak seperti github misalnya. tapi baru tahu saya kalau jumlah barisnya sampai bisa ngalahin facebook bahkan mac os dan windows semua digabungkan.

kalau ada perubahan pasti repot tuh walaupun sudah dibantu bot. misalnya ada satu orang melakukan perubahan, dan orang lain melakukan perubahan lain dalam satu waktu, harus ada sistem yang mencegah supaya banyaknya orang yang ngelakuin perubahan gak membuat bug baru. jadi harus ada yang mantau dan membackup semuanya sebelum diterapkan secara live ke sistem. dengan 15 juta baris yang diubah setiap hari, sudah jelas gak mungkin manusia saja yang bisa mandorin.

suatu contoh yang nyata kalau teknologi semakin lama akan menggantikan manusia. contoh yang sangat kontras dengan hampir semua website yang ada yang cuma punya beberapa ribu atau ratus ribu baris dan itu saja sudah buat banyak pemiliknya pusing.

4.5
Your rating: Nihil Average: 4.5 (2 votes)
Prabusuwono
Avatar Prabusuwono
Offline
Last seen: 3 hari 5 hours yang lalu
Joined: 13 Des 2013 - 14:31
Points: 498
sekian juta baris per hari

sekian juta baris per hari kemungkinan besar cuma trial error atau percobaan baru. kayaknya gak mungkin fitur baru dikenalin setiap hari, walaupun buat perusahaan sekaliber google.

0
No votes yet
Junaidi
Avatar Junaidi
Offline
Last seen: 4 bulan 1 pekan yang lalu
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 507
dengan jumlah karyawan

dengan jumlah karyawan sebanyak itu yang kerja setiap hari ngubah isi repository, udah sepantasnya google dapet predikat begitu.

Junaidi

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Dennis
Avatar Dennis
Offline
Last seen: 1 tahun 1 bulan yang lalu
Joined: 27 Okt 2014 - 16:07
Points: 140
nice post +5

nice post +5

0
No votes yet
Agustian
Avatar Agustian
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 30 Sep 2015 - 15:12
Points: 71
sebagai website terbesar di

sebagai website terbesar di internet, sudah selayaknya google dapat status seperti itu. kalau windows, dia bukan di internet, dan menurut saya bukan perbandingan.

0
No votes yet
Dennis
Avatar Dennis
Offline
Last seen: 1 tahun 1 bulan yang lalu
Joined: 27 Okt 2014 - 16:07
Points: 140
mungkin kalau semua produk

mungkin kalau semua produk microsoft disatuin. misalnya windows, office, dll... mungkin aja sebanding. produk microsoft gak kalah banyak sama google. bedanya cuma google ada di internet dan android, dan microsoft kebanyakan di komputer.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Danna
Avatar Danna
Offline
Last seen: 4 pekan 4 hours yang lalu
Joined: 2 Apr 2013 - 12:59
Points: 243
masuk akal sih. seandainya

masuk akal sih. seandainya microsoft cloud, office, windows, dan semua program yang dia punya digabungin, bisa aja dia lebih gede dari google. pihak microsoft belum aja mau nantang banyak2an baris coding :))

0
No votes yet
Agustian
Avatar Agustian
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 30 Sep 2015 - 15:12
Points: 71
windows ada di hp, tapi

windows ada di hp, tapi asumsi saya gak sebesar android.

tapi memang benar kalau produk office bisa jadi lebih besar dari google apps dan google docs.

0
No votes yet
Anton
Avatar Anton
Offline
Last seen: 1 tahun 10 bulan yang lalu
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
mungkin karena android dan

mungkin karena android dan beberapa coding google sendiri itu open source? makanya lebih cepet berkembang karena kontributornya banyakan.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Andre
Avatar Andre
Offline
Last seen: 4 bulan 3 pekan yang lalu
Joined: 17 Sep 2013 - 16:00
Points: 229
dari beberapa inti google

dari beberapa inti google mungkin open source. tapi di bahasa pemrogramannya mungkin. masa sih google mau pake coding yang bebas ada di internet?

0
No votes yet
Rian
Avatar Rian
Offline
Last seen: 7 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
Sebanyak itu yang diubah

Sebanyak itu yang diubah perhari... Tapi gak ada yang kelihatan :/

0
No votes yet
Sandra
Avatar Sandra
Offline
Last seen: 4 bulan 8 hours yang lalu
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 373
Kan bukan desain yang diubah.

Kan bukan desain yang diubah... Kebanyakan pasti fungsi atau fitur bukan tampilan, dan tiap fitur baru pasti ribuan baris itu... Dan katanya google ngerjain fitur baru secara berkala dan cuma segelintir dari sekian banyak yang bener2 di rilis.

0
No votes yet
Rian
Avatar Rian
Offline
Last seen: 7 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
Google memang dikenal begitu

Google memang dikenal begitu mbak. Jadi karyawan sana seperti dikasih kebebasan mau ngembangin apa aja. Dengan sumber daya yang google punya, kalau proyek kecil2an diterima, baru turun dana dan dukungan dari atasan2nya. Selama belum diterima, mereka bebas mau bikin apa. Mungkin coding ini salah satu sumber daya yang bisa diambil buat awalan proyek.

0
No votes yet
Andre
Avatar Andre
Offline
Last seen: 4 bulan 3 pekan yang lalu
Joined: 17 Sep 2013 - 16:00
Points: 229
banyak proyek google. tapi

banyak proyek google. tapi cuma beberapa yang bener2 di setujuin.

0
No votes yet
Yuda
Avatar Yuda
Offline
Last seen: 4 bulan 4 pekan yang lalu
Joined: 21 Nov 2013 - 13:04
Points: 306
website google dibuat pakai

website google dibuat pakai bahasa program apa ya?

0
No votes yet
Sandra
Avatar Sandra
Offline
Last seen: 4 bulan 8 hours yang lalu
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 373
Yang pasti bukan bahasa

Yang pasti bukan bahasa indonesia :))

Pernah baca dulu... Katanya sih pake beberapa bahasa gak cuma satu. Jadi tampilan sama belakangnya beda2. Maklum gak ngerti bukan programer. Hehe

0
No votes yet
Maulana
Avatar Maulana
Offline
Last seen: 5 bulan 21 hours yang lalu
Joined: 1 Jul 2013 - 11:32
Points: 221
https://en.wikipedia.org/wiki
5
Your rating: Nihil Average: 5 (2 votes)
Rian
Avatar Rian
Offline
Last seen: 7 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
Google kayaknya lagi konsen

Google kayaknya lagi konsen juga ke AI. software AI dibalik mesin pencarinya dijadiin open-source. sama kayak strategi android.

0
No votes yet
Dimas
Avatar Dimas
Offline
Last seen: 5 bulan 3 pekan yang lalu
Joined: 24 Jan 2015 - 05:46
Points: 166
nice info bos. selama

nice info bos. selama internet semakin besar dan penggunanya bertambah, bisa dipastiin google bakal semakin besar.

berhubung google dan facebook adalah layanan internet terbesar mereka tahu kalo perkembangan mereka akan melambat karena mereka berkembang lebih cepat dibanding perkembangan internet. makanya mereka berdua ngebantu internet supaya cepet berkembang dengan ngebantu lebih banyak orang terhubung ke internet.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Hendrawan
Avatar Hendrawan
Offline
Last seen: 1 tahun 5 bulan yang lalu
Joined: 25 Mar 2014 - 09:47
Points: 131
dari cara kerjanya, gak

dari cara kerjanya, gak mungkin google bangkrut. walaupun sumber pendapatan utamanya dari iklan, dia udah melebar ke mobile dan strategi2 bisnis lainnya. selama internet masih ada, jauh kemungkinan google bakal gulung tiker. adanya makin kaya dan makin sukses. sama seperti facebook yang jadi pionir sosmed yang punya instagram dan whatsapp.

kelemahan mereka sama seperti banyak perusahaan lainnya: jumlah konsumen. tapi konsumen google dan facebook itu acuannya total jumlah pengguna internet. jadi bisa dibilang mereka akan tetep ada dan gak tergantikan.

0
No votes yet
Chandra
Avatar Chandra
Offline
Last seen: 1 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 11 Nov 2013 - 14:05
Points: 310
Bedanya google sama

Bedanya google sama perusahaan lain kebanyakan adalah dia udah kaya duluan. Dia udah punya sumber pendapatan utama dari iklan, dan dengan uang dan sumber daya yang dia punya, dia tinggal nyaplok aja perusahaan yang dia suka. Otomatis dia berkembang dan gak ada ruginya. Walaupun perusahaan yang dia beli gak dikembangin, teknologinya pasti kepake, dan walaupun ujung2nya gagal, dibelinya perusahaan lain artinya berkurangnya pesaing buat google.

Praktek bisnisnya ini yang bikin dia susah dikalahin.

0
No votes yet
Tyo
Avatar Tyo
Offline
Last seen: 1 tahun 4 bulan yang lalu
Joined: 28 Feb 2013 - 10:06
Points: 73
Kayaknya semua perusahaan

Kayaknya semua perusahaan gede juga begitu. Daripada ngeluarin waktu dan kemampuan buat riset tentu sia2 kalo punya duit mending beli yang udah ketauan berfungsi dan bagus.

Waktu adalah uang.

0
No votes yet
Chandra
Avatar Chandra
Offline
Last seen: 1 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 11 Nov 2013 - 14:05
Points: 310
Sebabnya juga kenapa

Sebabnya juga kenapa codingnya banyak. Kalo microsoft windows kan perusahaan dia sendiri yang nulis. Kalo google mungkin search ya aja yang murni bikinan dia. Sisanya hasil nyaplok.

0
No votes yet
Dias
Avatar Dias
Offline
Last seen: 7 bulan 6 hours yang lalu
Joined: 26 Sep 2014 - 12:30
Points: 187
Kerja di google katanya

Kerja di google katanya memang idaman para IT dunia. Tapi banyak juga yang bilang kalo erja disana bebannya gede. Sampe ada yang nyebut kalo pulang aja susah terus kerjanya rodi. Ada juga yang bilang bagian support dan hrd kurang bagus menejemennya.

Ini di google pusat katanya gak tau bener apa gak.

0
No votes yet
Junaidi
Avatar Junaidi
Offline
Last seen: 4 bulan 1 pekan yang lalu
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 507
ada yang bilang gitu memang.

ada yang bilang gitu memang. tapi banyak juga yang kerasan disana. lagipula orang IT kalo kerja idamannya pasti perusahaan gede, dan di bidang ini bisa dibilang google salah satu yang paling gede dan sukses.

Junaidi

0
No votes yet
Darman
Avatar Darman
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 14 Agu 2013 - 14:47
Points: 499
Dulu microsoft, ibm, apple.

Dulu microsoft, ibm, apple. Sekarang banyakan perusahaan internet yang jaya di bidang IT. Karena internet lebih banyak ke gaya hidup dibanding cuma sekedar kebutuhan, misalnya kebutuhan orang sama komputer desktop dibanding kebutuhan hp dengan apps, google, facebook dll.

0
No votes yet
Rian
Avatar Rian
Offline
Last seen: 7 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
makanya kebanyakan anak muda

makanya kebanyakan anak muda bukan yang tua2 seperti bill gates atau steve jobs

0
No votes yet
Darman
Avatar Darman
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 14 Agu 2013 - 14:47
Points: 499
jangan salah bos. bill gates

jangan salah bos. bill gates sama steve jobs juga masih muda pas sukses. bill gates bikin microsoft sebelum umur 30. mereka sekarang cuma pertahanin kesuksesan mereka sementara zuckerberg dkk baru mulai beranjak.

0
No votes yet
Maulana
Avatar Maulana
Offline
Last seen: 5 bulan 21 hours yang lalu
Joined: 1 Jul 2013 - 11:32
Points: 221
Lebih tepatnya, Bill Gates

Lebih tepatnya, Bill Gates udah masuk Forbes saat itu.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Agung
Avatar Agung
Offline
Last seen: 2 pekan 2 hari yang lalu
Joined: 29 Apr 2014 - 14:28
Points: 372
kurang tahu kalau itu. tapi

kurang tahu kalau itu. tapi dia pas umur 30 hampir punya status jutawan (dalam dollar AS). tapi berhasil jadi jutawan bener2 pas umur 31. mentoknya, dia sempet punya kekayaan diatas 100 milyar dollar AS. orang pertama di dunia modern yang bisa dapet julukan"centibillionaire"

ini referensinya: http://www.inc.com/larry-kim/25-surprising-facts-about-billionaire-entrepreneur-bill-gates.html

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Farhat
Avatar Farhat
Offline
Last seen: 2 bulan 1 pekan yang lalu
Joined: 19 Mei 2014 - 15:13
Points: 329
mark zuckerberg itu seperti

mark zuckerberg itu seperti bill gates dulu. sama2 kurang lebih sebaya pas ngebangun usaha, sama DO, sama2 hobi. beda generasi aja.

0
No votes yet
Junaidi
Avatar Junaidi
Offline
Last seen: 4 bulan 1 pekan yang lalu
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 507
ada yang bilang kalau steve

ada yang bilang kalau steve jobs harusnya lebih kaya dibanding bill gates... seandainya dia gak ngejual apa gitu dulu. pernah baca estimasi kekayaannya kalau memang dia harusnya paling kaya.

Junaidi

0
No votes yet
Cheng
Avatar Cheng
Offline
Last seen: 1 tahun 3 pekan yang lalu
Joined: 29 Agu 2016 - 12:09
Points: 126
Junaidi wrote:

Junaidi wrote:

ada yang bilang kalau steve jobs harusnya lebih kaya dibanding bill gates... seandainya dia gak ngejual apa gitu dulu. pernah baca estimasi kekayaannya kalau memang dia harusnya paling kaya.

Junaidi

Steve jobs pernah keluar dari apple. Mungkin itu sebabnya. Bill gates gak pernah keluar dari microsoft

0
No votes yet
Cheng
Avatar Cheng
Offline
Last seen: 1 tahun 3 pekan yang lalu
Joined: 29 Agu 2016 - 12:09
Points: 126
Junaidi wrote:

Junaidi wrote:

ada yang bilang kalau steve jobs harusnya lebih kaya dibanding bill gates... seandainya dia gak ngejual apa gitu dulu. pernah baca estimasi kekayaannya kalau memang dia harusnya paling kaya.

Junaidi

Steve jobs pernah keluar dari apple. Mungkin itu sebabnya. Bill gates gak pernah keluar dari microsoft

0
No votes yet
Rudiansyah
Avatar Rudiansyah
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
bara baca kalau Rusia

bara baca kalau Rusia ngedenda Google. nominalnya $6.8juta. lumayan besar.... tapi faktanya, Google bisa ngeraup sebanyak itu keuntungan dalam waktu cuma sejam.

0
No votes yet
Tommy
Avatar Tommy
Offline
Last seen: 5 bulan 2 pekan yang lalu
Joined: 8 Sep 2015 - 13:20
Points: 60
https://blog.google/topics
5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)