Material Design Untuk Desain Minimalis. Ya Apa Tidak?

43 posting / 0 new
Entri terakhir
Kurniawan
Avatar Kurniawan
Offline
Last seen: 3 bulan 4 pekan yang lalu
Points: 309
Material Design Untuk Desain Minimalis. Ya Apa Tidak?

Google punya bahasa desain yang dinamakan Material Design. Buat pengguna Google dan juga fanatik Android, pasti tahu bahasa desain Google yang dikenalkan sejak Android Lollipop tahun 2014 silam. Dengan semakin meluasnya Material Design, hampir semua produk Google memakai desain ini. Dan karena Google menijinkan developer untuk memakainya, antar muka banyak aplikasi dan website, dan juga jenis lainnya mulai memakai desain ini.

Buat gambarannya, Material Design ini mengedepankan warna cerah dan juga "depth" yang memakai unsur bayangan untuk membedakan elemen mana yang harusnya diatas elemen lainnya.

Misalnya di wallpaper:

Dari satu sisi, Material Design ini bagus. Dengan pengaruh Google dan desain minimalisnya, Google berhasil membuat desain ini dipakai banyak orang dan juga dikembangkan dengan luas. Tapi apakah desain ini adalah desain yang bagus?

Dari berbagai sisi, tidak. Material Design bukan desain yang bagus.

Material Design bukan dibuat dengan tujuan kenyamanan. Dalam berbagai penerapan, desain ini juga tidak sepenuhnya minimalis atau inovasi desain yang baru. Secara ringkas, banyak orang yang menganggap desain ini mirip dengan desain Windows 3.1 tapi dibuat flat dengan pemakaian warna yang "terlalu cerah". Mereka menganggap bahwa desain ini walaupun bagus, dia bukan desain yang luar biasa.

Sebagai contoh, Material Design mempunya 2 unsur dalam desain tombol misalnya. Di satu sisi, ada "wave effect" yang ada efek air pas di klik dan tahan. Ini banyak dipakai di website sekarang, termasuk beberapa bagian dari Eyerys ini sendiri. Desain tombol ini dibuat timbul dengan bayangan sehingga orang tahu itu adalah "tombol". Tapi di penempatan lainnya, misalnya tombol dial di handphone, tombol angka ini flat tanpa bayangan. Mereka hanya angka di dalam kotak. Bahkan di beberapa penerapan lainnya, "tombol" ini kedang tidak punya border (pinggiran).

Mereka seperti icon dengan hitam diatas putih.

Dari sudut pandang ini, Material Design seperti suatu kemunduran jaman dimana sebelumnya kontur dan tekstur 3D dihilangkan. Dulu, teksur 3D ini membuat hal diatas layar berkesan nyata. Dengan wujuh yang seakan aslinya, orang jadi merasa umum dengan desain yang mudah dimengerti.

Ini berbeda dengan Material Design pada umumnya. Walaupun Google punya bahasa desain universal dengan desain ini, Material Design kadang tidak konsisten di penerapan2nya.

Yang membedakan antara flat jaman dulu dengan flat versi Google yang paling kelihatan adalah bayangan. Dibawah contoh desain 3D yang lama dikenal dulu, dibanding sama desain "flat" dan Material Design.

Apple yang tidak pakai Material Design punya desain "flat" yang berbeda. Google punya Material Design yang flat yang dibuat dengan efek dan "depth". Apple lebih "flat, namun punya efek gradasi lebih banyak dibanding Google. Sementara Google memberikan desain untuk memudahkan fungsi, Apple membuat desainnya untuk meningkatkan fungsi.

Kemudian ada pilihan font. Material Design sering memakai Roboto dan Noto. Sementara Apple memakai Myriad, Helvetica Neue atau San Francisco, dll. Walaupun sama2 "flat" dan minimalis di pemilihan font, Apple punya desain yang mudah dibaca selama warna font dan latar punya kontras yang tinggi. Ini agak merugikan kalau berada di pewarnaan yang berbeda yang Material Design mungkin tidak mengalami karena font mereka lebih tebal.

Kalau digabungkan

Bagaimana menurut member disini?

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Chandra
Avatar Chandra
Offline
Last seen: 5 bulan 4 pekan yang lalu
Points: 293
Kurniawan wrote:

Kurniawan wrote:

Google punya bahasa desain yang dinamakan Material Design. Buat pengguna Google dan juga fanatik Android, pasti tahu bahasa desain Google yang dikenalkan sejak Android Lollipop tahun 2014 silam. Dengan semakin meluasnya Material Design, hampir semua produk Google memakai desain ini. Dan karena Google menijinkan developer untuk memakainya, antar muka banyak aplikasi dan website, dan juga jenis lainnya mulai memakai desain ini.

Buat gambarannya, Material Design ini mengedepankan warna cerah dan juga "depth" yang memakai unsur bayangan untuk membedakan elemen mana yang harusnya diatas elemen lainnya.

Misalnya di wallpaper:

Dari satu sisi, Material Design ini bagus. Dengan pengaruh Google dan desain minimalisnya, Google berhasil membuat desain ini dipakai banyak orang dan juga dikembangkan dengan luas. Tapi apakah desain ini adalah desain yang bagus?

Dari berbagai sisi, tidak. Material Design bukan desain yang bagus.

Material Design bukan dibuat dengan tujuan kenyamanan. Dalam berbagai penerapan, desain ini juga tidak sepenuhnya minimalis atau inovasi desain yang baru. Secara ringkas, banyak orang yang menganggap desain ini mirip dengan desain Windows 3.1 tapi dibuat flat dengan pemakaian warna yang "terlalu cerah". Mereka menganggap bahwa desain ini walaupun bagus, dia bukan desain yang luar biasa.

Sebagai contoh, Material Design mempunya 2 unsur dalam desain tombol misalnya. Di satu sisi, ada "wave effect" yang ada efek air pas di klik dan tahan. Ini banyak dipakai di website sekarang, termasuk beberapa bagian dari Eyerys ini sendiri. Desain tombol ini dibuat timbul dengan bayangan sehingga orang tahu itu adalah "tombol". Tapi di penempatan lainnya, misalnya tombol dial di handphone, tombol angka ini flat tanpa bayangan. Mereka hanya angka di dalam kotak. Bahkan di beberapa penerapan lainnya, "tombol" ini kedang tidak punya border (pinggiran).

Mereka seperti icon dengan hitam diatas putih.

Dari sudut pandang ini, Material Design seperti suatu kemunduran jaman dimana sebelumnya kontur dan tekstur 3D dihilangkan. Dulu, teksur 3D ini membuat hal diatas layar berkesan nyata. Dengan wujuh yang seakan aslinya, orang jadi merasa umum dengan desain yang mudah dimengerti.

Ini berbeda dengan Material Design pada umumnya. Walaupun Google punya bahasa desain universal dengan desain ini, Material Design kadang tidak konsisten di penerapan2nya.

Yang membedakan antara flat jaman dulu dengan flat versi Google yang paling kelihatan adalah bayangan. Dibawah contoh desain 3D yang lama dikenal dulu, dibanding sama desain "flat" dan Material Design.

Apple yang tidak pakai Material Design punya desain "flat" yang berbeda. Google punya Material Design yang flat yang dibuat dengan efek dan "depth". Apple lebih "flat, namun punya efek gradasi lebih banyak dibanding Google. Sementara Google memberikan desain untuk memudahkan fungsi, Apple membuat desainnya untuk meningkatkan fungsi.

Kemudian ada pilihan font. Material Design sering memakai Roboto dan Noto. Sementara Apple memakai Myriad, Helvetica Neue atau San Francisco, dll. Walaupun sama2 "flat" dan minimalis di pemilihan font, Apple punya desain yang mudah dibaca selama warna font dan latar punya kontras yang tinggi. Ini agak merugikan kalau berada di pewarnaan yang berbeda yang Material Design mungkin tidak mengalami karena font mereka lebih tebal.

Kalau digabungkan

Bagaimana menurut member disini?

Material design itu design yang bergerak dalam ruang kalau menurut google. Sebuah metafora kalau dia deskripsiin. Secara penampakan pertama di android lollipop, inspirasinya datang dari animasi visual yang mengedepankan apa yang bisa di interaksikan dan mana yang gak.

Menurut google, inspirasinya dari "kertas dan tinta". Dan design ini sejalan sama google now yang memperkenalkan "cards"

Untuk design aplikasi, material design memang cocok buat android karena google adalah bagian mutlak dari android. Tapi kalau penerapannya untuk ios apple misalnya, ini akan kurang cocok karena apple gak mengedepankan cards.

Untuk design website, ini lain cerita. Ini karena selera aja. Material design diliat sebagai design modern yang "flat" tapi gak sepenuhnya "flat" karena adanya animasi dan unsur 3d dari efek bayangan. Dan juga karena templatenya banyak beredar, orang bisa aja nerapin unsur2 material design ke websitenya. Poin plus buat material design di website, tampilan akan mirip produl android dan google. Tapi minusnya, material design yang merupakan bahasa design, bisa ngebuat kreatifitas design website jadi terbatas kalau design ini diterapin sepenuhnya.

Contohnya seperti website eyerys ini. Update design sedikit banyak memakai material design di pilihan icon dan efek buttons dan menu kalau di klik. Tapi warna dan beberapa design lama.masih dipertahankan karena gak mau ngubah identitasnya. Jadi material design di eyerys cuma setengah2... cuma bumbu aja untuk modernisasi tampilan.

0
No votes yet
Farhat
Avatar Farhat
Offline
Last seen: 3 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 324
material design gak terbatas

material design gak terbatas sama hal2 diatas. dia mengedepankan modern yang memaksimalkan kemampuan layar yang sekarang semakin canggih, untuk memproduksi warna yang bagus. memang sih selera, tapi menurut saya, material design lebih bagus dibanding design ios yang cenderung lebih gelap dengan warna kombinasi dominan abu2, putih dan biru.

0
No votes yet
Gunawan
Avatar Gunawan
Offline
Last seen: 1 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 244
cocok untuk apps android.

cocok untuk apps android. tapi memang namanya marketing ya, apalagi sekaliber google, apa aja bisa dijual selama memang pada dasarnya bagus.

 

untuk pemakaian website sih sah2 aja. dari segi fungsi memang gak nambah apa2 kayaknya, cuma estetika dan kosmetik mempercantik tampilan aja.

0
No votes yet
Arif
Avatar Arif
Offline
Last seen: 4 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 46
selera kalau menurut saya.

selera kalau menurut saya. desain minimalis memang lagi tren sih, dan perusahaan sekelas google dan apple pasti bersaing buat ngebuat desain yang paling bagus... balik lagi ke selera konsumen... ada yang suka produk google ada yang suka produk apple. ada juga yang suka produk microsoft.

 

jadi masing2 aja sih...

0
No votes yet
Rian
Avatar Rian
Offline
Last seen: 3 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 303
masih lebih minimalis dan

masih lebih minimalis dan enak dilihat font punya Apple deh. Roboto punya Google lebih tebel sedikit. Material Design enak dilihat karena pewarnaannya. tapi dari segi fungsi masih lebih menarik Apple.

0
No votes yet
Andre
Avatar Andre
Offline
Last seen: 1 bulan 2 pekan yang lalu
Points: 221
minimalis gak selamanya

minimalis gak selamanya "minim". kalau minimalis itu dibuat minim seperti dulu, desain software seperti mundur ke tahun 1990an. minimalis sekarang masih ada efek2 yang ngebuat dia itu agak kompleks. desain punya google atau apple itu contohnya. walaupun pada bilang itu desain minimalis, tapi mereka punya efek tampilan dan animasi yang gak bisa dibilang sedikit.

coba aja cek panduan google tentang material design di https://www.google.com/design/spec/material-design/introduction.html dan di https://design.google.com/. kalau dilihat dari sana, jelas kenapa dibilang material design itu suatu bahasa desain dan bukan sekedar desain minimalis.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Junaidi
Avatar Junaidi
Offline
Last seen: 2 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 487
fans apple harusnya gak suka

fans apple harusnya gak suka sama material design :)

 

Junaidi

0
No votes yet
Anton
Avatar Anton
Offline
Last seen: 1 tahun 1 pekan yang lalu
Points: 247
material design the best lah.

material design the best lah... enak dilihat dan animasinya keren :D

0
No votes yet
Izar
Avatar Izar
Offline
Last seen: 5 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 49
saya suka Apple karena

saya suka Apple karena konsistensinya terhadap desain. dan juga karena desain itu milik Apple dan tidak bisa diubah2, dia menurut saya lebih eksklusif dibanding Material Design.

Material Design bisa dipakai sama siapa aja dan lebih terkenal dibanding desain Apple. jadi menurut saya cepet ngebosenin. dan karena siapa juga bisa pakai, dia jadi kurang konsisten. misalnya lihat desain antar muka ponsel Samsung dan HTC atau LG. walaupun sama2 Material Design, tapi tampilannya gak seragam.

Ini beda sama desain Apple. misalnya iphone 4s dan iphone 6s. kalau iphone lawasnya diupdate sampai iOS yang setara, tampilannya juga bakal sama. ini menurut saya memang Apple. dan ini menurut saya juga, ngebuat desain Apple lebih minimalis karena tidak banyak variasi.

0
No votes yet
Ramli
Avatar Ramli
Offline
Last seen: 3 bulan 10 hours yang lalu
Points: 241
Izar wrote:

Izar wrote:

saya suka Apple karena konsistensinya terhadap desain. dan juga karena desain itu milik Apple dan tidak bisa diubah2, dia menurut saya lebih eksklusif dibanding Material Design.

Material Design bisa dipakai sama siapa aja dan lebih terkenal dibanding desain Apple. jadi menurut saya cepet ngebosenin. dan karena siapa juga bisa pakai, dia jadi kurang konsisten. misalnya lihat desain antar muka ponsel Samsung dan HTC atau LG. walaupun sama2 Material Design, tapi tampilannya gak seragam.

Ini beda sama desain Apple. misalnya iphone 4s dan iphone 6s. kalau iphone lawasnya diupdate sampai iOS yang setara, tampilannya juga bakal sama. ini menurut saya memang Apple. dan ini menurut saya juga, ngebuat desain Apple lebih minimalis karena tidak banyak variasi.

Mau Material Design yang asli bisa dinikmati lewat Nexus karena tanpa skin bawaan vendor. Dan karena langsung dari Google, update juga lebih cepet.

Btw, Android Nougat udah rilis di Nexus.

0
No votes yet
Lisa
Avatar Lisa
Offline
Last seen: 3 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 286
apple juga banyak berubah.

apple juga banyak berubah. dari ios beberapa tahun lalu ke ios sekarang.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (3 votes)
Yuda
Avatar Yuda
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Points: 298
Lisa wrote:

Lisa wrote:

apple juga banyak berubah. dari ios beberapa tahun lalu ke ios sekarang.

 

tetap aja masih lebih banyak Android.

0
No votes yet
Prabusuwono
Avatar Prabusuwono
Offline
Last seen: 2 pekan 5 hari yang lalu
Points: 477
Apple banyak beubah iya...

Apple banyak beubah iya... Tapi garis besarnya tetep begitu. Warna sama icon misalnya... Tetep kotak bubble gitu... Apple sekarang lagi demen nambah2 fitur apalagi sama adanya force touch yang makin banyak sipake di ios 10. Google ambil cara beda yang sekarang lebih kearah simplisitas.

0
No votes yet
Fahmie
Avatar Fahmie
Offline
Last seen: 1 bulan 3 hari yang lalu
Points: 98
banyak berubah tapi gak sampe

banyak berubah tapi gak sampe sejauh android. kalau mau tau android yang benar itu liat produk nexus. tapi kalau ngeliat produk buatan vendor lain, itu udah ada skinnya.

android terlalu banyak variasi, dan ini bisa ngebuat material design jadi kurang konsisten kalau menurut saya.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Dimas
Avatar Dimas
Offline
Last seen: 4 pekan 12 hours yang lalu
Points: 161
bagaimana kalau dibanding

bagaimana kalau dibanding sama desain windows 10 mobile? menurut saya masing2 punya ciri khas yang unik.

0
No votes yet
Sandra
Avatar Sandra
Offline
Last seen: 2 pekan 6 hours yang lalu
Points: 370
windows 10 memang lebih

windows 10 memang lebih jarang dibahas. ini karena posisi dia kalah jauh dari apple sama google. desain bagus tapi kurang populer, ya jarang juga di beritain.

bingung juga mau bahas apaan juga kan?

pribadi sih pernah punya windows phone. dulu sempet pake lumia setahun sebelum ganti lagi ke android. secara garis besar bagus dan buat pengguna android, ibarat cuci mata :) tapi karena gak kebiasa dan karena jumlah appsnya waktu itu masih terbatas banget, ya pake 2 hp. deh... abis itu lumia nganggur karena balik lg ke android :p

desain bagus, fungsi juga bagus. tampilan tile memang agak beda dan bisa dibilang perpaduan widget android sama homescreennya apple.

 

0
No votes yet
Toni
Avatar Toni
Offline
Last seen: 2 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 346
Salah satu faktor windows

Salah satu faktor windows phone keteteran karena apps nya dikit. Dibanding sama apple dan android, pilihan buat personifikasi terbatas jadi kurang bisa bersaing. facebook aja baru bikin app dia disana.

Buat yang pake office dan produk windows sih otomatis bagus.

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Dian
Avatar Dian
Offline
Last seen: 3 pekan 1 hari yang lalu
Points: 188
Saya suka tampilan tiles

Saya suka tampilan tiles windows. Kesannya simpel tapi bener2 berfungsi. Ibarat widget tapi aktif ngasih info update2an.

Sayang aja kurang laku.

0
No votes yet
Prabusuwono
Avatar Prabusuwono
Offline
Last seen: 2 pekan 5 hari yang lalu
Points: 477
Windows 10 Mobile namanya.

Windows 10 Mobile namanya. bukan Windows Phone :)

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Maulana
Avatar Maulana
Offline
Last seen: 8 bulan 6 hari yang lalu
Points: 217
windows 10 anniversary update

windows 10 anniversary update yang PC edition gak ada buat windows 10 mobile ya?

0
No votes yet
Rudiansyah
Avatar Rudiansyah
Offline
Last seen: 6 bulan 1 hari yang lalu
Points: 412
Maulana wrote:

Maulana wrote:

windows 10 anniversary update yang PC edition gak ada buat windows 10 mobile ya?

 

ini list update dari Windows 10 Anniversary Update. kopas dari website MSPoweruser

 

Start and Action Center

  • Live tiles now update all at once on Start instead of one-by-one if there are updates for their content
  • Live tiles now can update badges and content at the same time
  • The app icon is no longer repeated in the Action Center, instead, it is shown only in the header
  • The header for each app is now smaller to make more room for notifications
  • Notifications can now have hero images
  • Notifications in both banners and Action Center now follow the “Text Scaling” setting
  • The size of notification icons has been decreased from 64×64 to 48×48
  • The default wallpaper for a new device has been changed
  • If a Quick Action turns a certain functionality in your device on or off (Bluetooth, Flashlight, etc.) it will now show On/Off for a short period

Cortana and search

  • Cortana is now available in Spanish (Mexico), Portuguese (Brazil) and French (Canada)
  • Cortana will now show a button on the top to search for music
  • Cortana can now provide turn-by-turn directions with the new Maps app
  • Cortana can now sync across devices

    • You’ll now get a notification whenever your mobile device is running out of battery
    • Find my phone/Ring my phone is now available through Cortana
    • You can now share map directions between your devices
  • Cortana can now show new notifications in the Action Center
  • Cortana can now automatically fetch the required speech language for you
  • Cortana can now give reminder suggestions
  • You can now change Cortana’s language
  • Cortana’s Settings have been moved outside the Notebook
  • You can now create reminders with photos or shared info from apps
  • Improved share UI for reminders
  • Cortana can now search in your Office 365 account
  • You can now send a picture from your phone to your PC through Cortana
  • Notifications on your phone will now be synced to your PC with Cortana
  • Cortana’s listening animation has been updated
  • Cortana should now listen more reliably after tapping the mic button
  • Cortana’s home UI no longer shows your cards but hints and a button to show the cards

User Interface

  • The back-button on the lock screen has been replaced with a camera button
  • The lock screen now shows media controls directly on the UI
  • The Bing logo on the Bing lock screen has been updated, appears smaller and no longer has the text “Bing”
  • The data migration process now uses a larger font
  • The “Goodbye” message will now stay visible until the device has been shut down completely

Microsoft Edge

  • Edge has been updated from version 25.10586 to 38.14393

    • You can now swipe to go back and forward
    • The X-button to close tabs is now larger
    • Word Flow now works in the Edge address bar
    • The InPrivate browsing icon is now placed next to the “New tab” button in the tab overview
    • A prompt pops up before a download starts
    • Edge now shows a “Go forward” item in the ellipses menu
    • When an app opens a new tab, pressing back will now close it
    • When typing in a text box, you can now use the pase button above the keyboard
    • Download notificaions in Edge now include filenames, download status and site domain on separate lines
  • EdgeHTML has been updated from version 13.10586 to 14.14393

    • Default parameters
    • Async/await
    • Object.values and Object.entries
    • Opus audio format
    • Date and time element
    • Output element
    • Color input type
    • Canvas Path2D objects
    • Improved accessibility features
    • Support for Beacon
    • Beacon, Fetch, Web Notification, Web Speech APIs
    • The User Agent String has been updated
  • The following flags have been added

    • Foundational work for Web Notifications has been implemented (but not functional)
    • You can now set a flag for “Compose scrollbar thumbs independently”
    • You can now set a flag for DirectX settings “Use Windows.UI.Composition”
    • A flag for WebRTC 1.0 is available but not functional and will be removed in a later version
    • You can now set a flag to enable VP9 support
    • ES6 Regex symbols
    • Web Payments
    • TCP Fast Open is disabled by default but can be enabled
    • A flag has been added to enable Standard Fullscreen API

Settings

  • New panels, settings and options

    • You can now choose which app’s notifications are more important to you
    • You can now choose how many notifications an app can have in the Action Center
    • You can now manage on a per-app base if an app can run in the background or not, or if this has to be hanled by Windows
    • Windows Update now allows you to set the time you’re most active in so that it can avoid updating at that point
    • You can now manage the order of Quick Actions in the Action Center for all slots
    • It is now possible to hide Quick Actions you don’t use
    • The is now a toggle for the VPN Quick Action button
    • You can now override Active Hours with the Restart Options
    • The Windows Update notification after installing an update now takes you to the device’s update history
    • Navigation Bar settings now have their own page
    • Dual-SIM devices now support Visual Voicemail
    • You can now manage your Insider settings from the Settings app
    • You can now set how long it takes before Windows Hello requires you to sign in again
    • Apps for websites has been added under System
    • Sharing a network with your contacts in Wi-Fi Sense is no longer possible
    • The Mobile Hotstpot page now gives clearer errors when setting up a hotspot fails due to the lack of a SIM being connected
    • The refresh rate for Wi-Fi data usage is now faster
    • Active hours can now be set to a range of up to 12 hours instead of 10
    • As of build 14361, your DPI settings will be backed up in the cloud and restored after your device is refreshed
    • Kids Corner is no longer available
  • Visual updates and others

    • Every page in Settings now has its own icon
    • Glance has been moved from Extras to Personalization
    • Improved performance when opening Settings > Update & security > For developers
    • The background of the category overview and sub-category overview is now black instead of dark grey
    • A selected sub-category now has a Groove-like select state
    • The icons under Update & Security have been updated to be more reflective of their meaning
    • Improved performance for loading the app list under Storage settings

System

  • Continuum now supports USB Ethernet
  • The Bluetooth AVRCP profile has been updated to version 1.5
  • Windows now has a one-handed Japanese kana keyboard
  • You can now run up to 16 apps in the background
  • Improved logic for refreshing the Live tiles on the start screen
  • Improved reliability for keyboards with large dictionaries
  • The thumbnail logic has been altered to only create a small thumbnail after making a photo, and making the larger thumbnail when required to save storage
  • During the final preparations, Windows will only go through 8 to 10 migration steps
  • The Word Flow keyboard has an improved recognition of longer words
  • You can now abort an autocorrection by tapping on the bolded word
  • The call in-progress banner is now shown above notifications so you no longer need to dismiss that notification to end the call
  • The emoji set has been completely revamped
  • The default emoji’s are no longer grey, but yellow
  • The text prediction engine has bene improved to show candidates based on the current keyboard language, instead of the language that was used when the word was written
  • 5-inch devices like the Lumia 640 and 830 can now also use the one-handed keyboard
  • Improve reliability of Bluetooth in cars
  • The back-up format is changed, causing back-ups to take less from your OneDrive space, however, back-ups are incompatible with older versions of Windows 10 Mobile
  • Improved battery performance for people that often turn the screen on and off again to look at the lock screen

Apps

  • You can now swipe a conversation to delete it in Messaging
  • The phone app now show an indicator for missed calls and voicemails
  • You can now cycle through pages in the phone app infinitely
  • Option to use the Camera app to take a photo and send it with Skype
  • The alarm will now go louder faster when using your music
  • FM Radio is no longer installed as a default app
  • Improved reliability for navigating between camera roll and the Camera app
  • The Insider Hub and Windows Feedback apps have been merged to Feedback Hub

    • You can now react on feedback in the Feedback Hub
    • The Feedback Hub now suggest a category when you’ve typed in your feedback
    • The “Alerts” page in the Feedback Hub has been removed

And further

  • Windows now identifies itself as version 1607

dan buat versi Mobile, dia juga ngasih link YouTubenya di:

5
Your rating: Nihil Average: 5 (1 vote)
Tyo
Avatar Tyo
Offline
Last seen: 6 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 73
saya masih mikir kalau desain

saya masih mikir kalau desain ios kurang bagus dan masih mending android yang pakai material design. tapi saya gak suka sama android yang terlalu banyak variasi. bayangin aja... setiap merek smartphone yang pakai android punya tampilan yang beda! iya oke mirip2, tapi intinya beda. ada skin diatasnya dan fitur yang di satu ada tapi di lain gak ada.

saya seneng sama konsistensi apple. tapi saya gak suka desainnya.

0
No votes yet
Hengky
Avatar Hengky
Offline
Last seen: 1 pekan 2 hari yang lalu
Points: 41
animasi material design biasa

animasi material design biasa aja. menurut saya standar dan gak ada yang wah. dan juga banyak yang komplain tentang cara material design nampilin menu samping misalnya, dan juga warna yang cerah candy. berbanding terbalik dengan apple yang warnanya lebih ke putih, abu2, biru dan hitam.

tapi material design bisa ngebawa karakternya si google. liat aja logo google yang warna2i misalnya. cocok produknya material design. apple lebih monoton, tapi di segi fungsi dia jelas lebih bagus menurut saya.

0
No votes yet
Indra
Avatar Indra
Offline
Last seen: 1 pekan 5 hari yang lalu
Points: 302
Biasa tapi berguna sih.

Biasa tapi berguna sih. Misalnya warna cerah yang dominan lebih cepet dimengerti dibanding visual jenis lain.

0
No votes yet
Rama
Avatar Rama
Offline
Last seen: 1 pekan 3 hari yang lalu
Points: 443
Material Design bagus... Tapi

Material Design bagus... Tapi saya sependapat sama yang bilang desainnya gak konsisten.

0
No votes yet
Prabusuwono
Avatar Prabusuwono
Offline
Last seen: 2 pekan 5 hari yang lalu
Points: 477
Rama wrote:

Rama wrote:

Material Design bagus... Tapi saya sependapat sama yang bilang desainnya gak konsisten.

Gak konsisten gimana? Sebelum Lollipop bandingin sama sekarang? Lollipop gak pake Material Design.

Beda tipis doang dari merek hp ke hp.

0
No votes yet
Kurniawan
Avatar Kurniawan
Offline
Last seen: 3 bulan 4 pekan yang lalu
Points: 309
Prabusuwono wrote:

Prabusuwono wrote:

 

Rama wrote:

Material Design bagus... Tapi saya sependapat sama yang bilang desainnya gak konsisten.

 

 

Gak konsisten gimana? Sebelum Lollipop bandingin sama sekarang? Lollipop gak pake Material Design.

Beda tipis doang dari merek hp ke hp.

beda jauh. skin dari hp ke hp beda, dan android ngasih ijin buat pembuat hp buat ngebuat kustomisasi baik penambahan fitur atau pengurangan. walaupun mirip, tapi "rasanya" beda.

kalau dari 1 merek. misalnya HTC lama ke HTC baru, mungkin gak jauh beda. HTC ke Sony juga gak jauh. tapi ke Samsung jauh karena TouchWiznya kayak ngeoverhaul android. Sony menurut saya yang paling mirip ke tampilan standar android yang ada di Nexus. Xiaomi juga gak jauh beda.

0
No votes yet
Michael
Avatar Michael
Offline
Last seen: 3 bulan 3 hari yang lalu
Points: 328
Rama wrote:

Rama wrote:

Material Design bagus... Tapi saya sependapat sama yang bilang desainnya gak konsisten.

Konsisten lah. Kan ada panduannya dari google.

Yang gak ngikutin ya bukan material design, tapi variasi nya aja

0
No votes yet
Cheng
Avatar Cheng
Offline
Last seen: 2 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 126
ios jauh lebih konsisten.

ios jauh lebih konsisten. perubahannya gak sedrastis android, walaupun versinya udah beda jauh.

0
No votes yet
Dista
Avatar Dista
Offline
Last seen: 7 bulan 2 hari yang lalu
Points: 39
konsistensi kadang gak mutlak

konsistensi kadang gak mutlak kalau harus berhadapan sama tren dan keinginan. kadang kebutuhan berubah, dan Android harus nyesuain.

apalagi dengan adanya prosesor dan RAM besar, multiwindow bisa jadi multitaskiing berikutnya yang bisa ngebuat pengguna bisa memakai smartphone seperti mereka memakai Windows misalnya.

atau tentang notification panel dan widget. di iOS, pengguna terbatas di menu apps, tapi iOS lama2 pakai widget juga sama seperti Android. dan juga notification di iOS yang lebih terbatas sekarang lebih multifungsi. ditambah lagi drawer dibawah buat beberapa shortcut inti.

jadi konsistensi itu belum tentu mutlak... dia harus ada penyesuaian. asal karakternya aja yang gak berubah.

0
No votes yet
Dian
Avatar Dian
Offline
Last seen: 3 pekan 1 hari yang lalu
Points: 188
Banyak variasinya karena open

Banyak variasinya karena open source. Ios cuma punya apple jadi apple punya kontrol mutlak. Beda sama android yang tiap merek bisa kustom sesuai maunya.

0
No votes yet
Izar
Avatar Izar
Offline
Last seen: 5 bulan 3 pekan yang lalu
Points: 49
variasi banyak tapi konsisten

variasi banyak tapi konsisten menurut saya. ini karena Material Design itu bawaan Android, dan itu punya Google.

misalnya warna cerah, menu navigasi yang di di drag di samping kiri, tipe icon2nya, tampilan menu, efek bayangan dan animasinya. ini masih bawaan Material Design.

0
No votes yet
Herianto
Avatar Herianto
Offline
Last seen: 6 bulan 2 hari yang lalu
Points: 126
ada yang ngerasa bosen gak

ada yang ngerasa bosen gak sama material design? di henpon ngeliat, di internet juga ngeliat design yang sama... lama2 kesannya kaku

0
No votes yet
Michael
Avatar Michael
Offline
Last seen: 3 bulan 3 hari yang lalu
Points: 328
Herianto wrote:

Herianto wrote:

ada yang ngerasa bosen gak sama material design? di henpon ngeliat, di internet juga ngeliat design yang sama... lama2 kesannya kaku

Pasti bosen bos. Banyak website yang kiblat desainnya pakai google. Android yang juga punya google ada di mana2.

Apalagi tema2 framework juga mirip2 sama material desain.

Paling yang ngebuat beda cuma di pewarnaan dan perubahan kecil2an.

0
No votes yet
Yuda
Avatar Yuda
Offline
Last seen: 2 bulan 2 pekan yang lalu
Points: 298
Saya gak bosan. Memang bagus

Saya gak bosan. Memang bagus kok menurut saya dibanding desain punya google atau apple

0
No votes yet
Sandra
Avatar Sandra
Offline
Last seen: 2 pekan 6 hours yang lalu
Points: 370
Keseringan mgeliat jadi bosen

Keseringan mgeliat jadi bosen. Ntar ada saatnya kok desain baru ngegabtiin yang lama.

Kalau diperhatiin android yang harusnya pakai material design juga di custom ulang. Selain cara branding, ini juga supaya android punya desain yang beda2 jadi gak bikin bosen2 amat.

 

0
No votes yet
Dodi
Avatar Dodi
Offline
Last seen: 4 bulan 2 pekan yang lalu
Points: 16
Material Design punya Google

Material Design punya Google mulai ketinggalan jaman karena kebanyakan yang pakai. saya lihat website ini juga pakai sedikit banyak Material Design.

alternatifnya bisa pakai desain Fluent keluaran Microsoft. design ini punya campuran Material Design cuma lebih modern kalau menurut saya.

0
No votes yet
Dimas
Avatar Dimas
Offline
Last seen: 4 pekan 12 hours yang lalu
Points: 161
Material Design ada versi

Material Design ada versi updatenya. Namanya Material Design 2. Kurang lebih designnya mirip2 Android Pie.

Bedanya gak jauh, cuma ubahan2 kecil kayak kartu2 Google yang sudutnya ngebulat, search bar yang ngebulat. 

0
No votes yet
Junaidi
Avatar Junaidi
Offline
Last seen: 2 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 487
Dimas wrote:

Dimas wrote:

Material Design ada versi updatenya. Namanya Material Design 2. Kurang lebih designnya mirip2 Android Pie.

Bedanya gak jauh, cuma ubahan2 kecil kayak kartu2 Google yang sudutnya ngebulat, search bar yang ngebulat. 

Google Chrome juga gitu. Dan kayaknyya Eyerys juga nyontek desainnya dikit2, kelihatan dari desain kartu2 sama button yang sekarang ngebulat

Junaidi

0
No votes yet
Handoko
Avatar Handoko
Offline
Last seen: 1 bulan 1 pekan yang lalu
Points: 18
Dimas wrote:

Dimas wrote:

Material Design ada versi updatenya. Namanya Material Design 2. Kurang lebih designnya mirip2 Android Pie.

Bedanya gak jauh, cuma ubahan2 kecil kayak kartu2 Google yang sudutnya ngebulat, search bar yang ngebulat. 

biar gak pada bosen kali. lumayan juga sih perubahannya, yang paling kelihatan warna2nya berkurang, banyakan warna putih. beda sama material design yang pertama yang warna warni

0
No votes yet
Dian
Avatar Dian
Offline
Last seen: 3 pekan 1 hari yang lalu
Points: 188
Dimas wrote:

Dimas wrote:

Material Design ada versi updatenya. Namanya Material Design 2. Kurang lebih designnya mirip2 Android Pie.

Bedanya gak jauh, cuma ubahan2 kecil kayak kartu2 Google yang sudutnya ngebulat, search bar yang ngebulat. 

Kayaknya gak ada nama resminya. Cuma pembaharuan desain aja, namanya sama

0
No votes yet
Rama
Avatar Rama
Offline
Last seen: 1 pekan 3 hari yang lalu
Points: 443
Material Design yang baru gak

Material Design yang baru gak ada yang baru. Desainnya sama2 aja cuma desain ulang kecil2an.

Tema utamanya dari notch sama trend layar hp yang sudutnya ngebulat. 

0
No votes yet