Joomla, Drupal atau WordPress?

7 posts / 0 new
Last post
Maulana
Maulana's picture
Offline
Last seen: 4 years 10 months ago
Joined: 1 Jul 2013 - 11:32
Points: 221
Joomla, Drupal atau WordPress?

Sore rekan2.

Sering ada pertanyaan buat para pemilik web: "lebih bagus pakai Joomla, Drupal atau WordPress untuk website pribadi?" Jawabannya mudah: "untuk apa website itu?" Disini saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan ketiga CMS ini.

Joomla, Drupal dan WordPress adalah aplikasi manajemen konten (atau CMS) open source yang populer, terutama untuk pengelolaan konten secara online. Mereka masing2 punya kelebihan dan kekurangan.

Drupal

Kelebihan Drupal sangat scalable, memiliki komunitas yang sangat aktif, aman dan cocok untuk hampir semua jenis website.

Kelemahan Drupal adalah dengan adanya komunitas yang saling mengembangkan produk masing2, orang jadi susah untuk belajar.

Joomla

Kelebihan Joomla adalah kepraktisannya, mudah diimplementasikan dan punya banyak template dengan tampilan yang bagus. Walau komunitasnya tidak seaktif komunitas Drupal, Joomla punya berbagai plugin yang siap dipakai dan diinstall oleh orang awam sekalipun.

Kelemahannya Drupal yang paling fatal adalah keamanan dan skalabilitas, terutama untuk website besar yang dijalankan oleh beberapa server secara bersamaan.

WordPress

Kelebihan WordPress adalah praktis, banyak plugin dan aman. Desainnya yang indah dan moderen adalah poin plus baginya. Sangat cocok untuk blog
Kelemahan WordPress, seperti halnya Drupal, disebabkan oleh kelebihannya sendiri. WordPress dirancang sebagai aplikasi blog, yang kemudian dikembangkan untuk keperluan berbagai jenis website. Berbagai fitur khas blog menjadikan kerancuan dalam penggunaan WordPress untuk keperluan lainnya.

Kesimpulan

Dengan perbandingan diatas, dapat disimpulkan kalau WordPress adalah CMS yang sekiranya cocok untuk kebutuhan pribadi. Dengan mempertimbangkan aspek keindahan, kemudahan, keamanan dan sisi praktisnya, serta tujuannya sebagai blog yang dapat menjadikan dirinya sebuah CMS yang cocok untuk pemakaian pribadi sehari2.

Namun, untuk keperluan yang lebih serius dan besar, misalkan untuk website perusahaan yang perlu keamanan tinggi, atau untuk website yang perlu skalabilitas tinggi karena nantinya akan menangani banyak user, Drupal menjadi pilihan yang optimal.

Sementara itu, Joomla berada di tengah2 Joomla dan Drupal.

Ini adalah pendapat saya. Mohon masukan dan rekan2 sekalian :)

0
No votes yet
Rama
Rama's picture
Offline
Last seen: 3 years 3 months ago
Joined: 27 Aug 2013 - 09:23
Points: 466
Kebanyakan orang pake Joomla

Denger", kebanyakan orang pakai Joomla buat website perusahaan daripada pakai Drupal dan Wordpress. Kalau blog baru pakai Wordpress.

Drupal kenapa jarang yah? Saya belum pernah pakai Drupal tapi katanya lebih bagus dan paling reliable diantara ketiganya.

0
No votes yet
Tyo
Tyo's picture
Offline
Last seen: 5 years 9 months ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:06
Points: 73
Banyak yg pake Wordpress krn

Banyak yg pake Wordpress krn byk yg bikin blog. Drupal lebih kuat katanya memang, tp lebih ribet juga pengaturannya. Kebanyakan org cari gampangnya aja.

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Wordpress! Best for blogs!

Wordpress! Best for blogs! Sebagian besar website yg ada di dunia skrg ini yg ngejual artikel, ataupun yg berupa blog, pasti pake wordpress.

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 3 years 7 months ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
Drupal kalau menurut saya

Drupal kalau menurut saya lebih bagus untuk website selama bisa dipelihara. Drupal itu CMF (Content Management Framework).

Bener kalo Drupal lebih sulit karena komunitas luasnya ngeluarin module2 dengan cepat jadi para web developer harus cepet bisa dan ngikutin perkembangan2nya. Kelemahannya mungkin sedikit lebih berat dibanding Joomla atau WordPress.

Drupal lebih friendly ke developer dan sangat fleksibel. Stabil dan SEO friendly. Tapi sulit untuk dikuasai dibanding yang lain.

Joomla lemah dibagian SEOnya. Paling gak dibanding Drupal. Sama2 cocok untuk developer. Sementara itu WordPress, kuat untuk publikasi dan blogging. Namun karena banyaknya pengguna WordPress, keamanannya saya rasa paling lemah.

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Kemampuan: Drupal > Joomla >

Kemampuan: Drupal > Joomla > WordPress
Kemudahan: WordPress > Joomla > Drupal

Joomla ada ditengah2. Mungkin jadi pilihan kebanyakan orang karena fleksibel, gak terlalu susah dan aman. Drupal lebih jarang dipakai karena lebih susah buat orang2 karena lebih ke arah coding. Tapi klo mau blogging, pilihan paling pasnya tetep WordPress. hampir semua blog dengan hosting sendiri pake WordPress

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Banyak yg pro Wordpress

Banyak yg pro Wordpress disini kelihatannya. Pada ngeblog yah?

0
No votes yet