Membangun Brand dengan Web Design

10 posts / 0 new
Last post
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Membangun Brand dengan Web Design

Brand itu penting bagi usaha jenis apapun karena brand merupakan identitas. Brand juga dapat bisnis kita diingat oleh para pelanggan. Dalam web design, pembangunan brand merupakan aset dari identitas bisnis.

Membangun brand bisa dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan iklan (advertising) yang didalamnya termasuk memiliki sebuah desain web yang bagus. Branding merupakan proses yang kompleks dan mempunyai berbagai tipe media dari mulai pengemasan produk, iklan TV, koran/majalah, desain interior, desain logo sampai ke web design.

Desain web sangat penting terutama jika brand belum dikenal banyak orang. Banyak pebisnis tidak menyadari pentingnya keberadaan web design yang baik untuk membangun brand dan menunjang keberhasilan bisnis mereka.

Up to date hal2 yang terbaru adalah salah satu faktor penting dalam membangun brand.

Berikut saya ingin berbagi tips untuk membangun brand dengan web design.

LOGO

Logo adalah simbol yang mewakili bisnis. Sudah menjadi suatu aturan untuk logo berada pada bagian atas kiri ayas halaman web. Area ini merupakan area yang paling banyak dilihat orang saat orang membuka halaman website. Posisi logo pada desain web bukan satu2nya hal yang menjadikan keseluruhan desain web menjadi menarik namun juga ukuran dari logo tersebut. Logo haris dibuat cukup besar untuk dilihat tapi tidak juga terlalu besar sehingga merusak design website. Logo dapat membangun sebuah brand, dan dengan adanya logo pada desain web, citra brand akan ikut dibangun.

KARAKTER

Karakter sudah lama disinyalir sebagai suatu identitas. Web design yang baik harus mempunyai karakter sesuai dengan brandnya.

NAVIGASI

Web design harus memudahkan pengunjung untuk 'berkeliling' di website tersebut. Orang rata2 malas dan tidak mau repot saat mereka mengunjungi suatu website. Navigasi yang baik akan memudahkan pengunjung dan ini adalah hal yang teramat penting. Web design dengan navigasi yang buruk bisa dipastikan tidak mampu membangun brand karena pengunjung akan menemui kesulitan.

WARNA

Pilihan warna merupakan hal yang amat penting pada desain web anda dalam usaha membangun brand. Warna tak hanya sekedar estetika namun memberikan berbagai pesan penting yang dibawa oleh brand tersebut. Warna bermenunjukkan karakteristik sebuah brand. Saat memilih warna untuk website, pebisnis harus hati2 dalam menyesuaikannya warna dengan citra brand yang ingin dicerminkan.

PERASAAN

Perasaan atau emosi merupakan faktor lain yang harus dipertimbangkan saat membangun brand dengan web design desain web. Perasaan seperti apa yang ingin dibangun saat orang mengunjungi website? Dan apa yang ingin ditegaskan terkait dengan brand bisnis tersebut. Menciptakan estetika pada web design bukan berarti harus mengikuti trend web design terkini. Web design yang baik adalah design yang dapat menyampaikan emosi dan ide terkait dengan brand yang ingin dicerminkan.

KONSISTEN

Untuk membangun sebuah brand yang sukses, web design harus bisa diingat orang Orang mampu mengingat sesuatu dikarenakan adanya pengulangan. Konsistensi pada keseluruhan desain web akan membangun kepribadian dan identitas brand.

UNIK

Desain web yang baik tak hanya sekedar memuat seluruh elemen2 estetika namun harus juga unik. Keunikan ini yang akhirnya mampu menciptakan identitas untuk sebuah brand. Keunikan merupakan adalah hal yang mutlak untuk membedakan sebuah web design dengan saingannya. Dengan implementasi yang unik pada website akan menjadikan web design mendapatkan poin tambah bagi brand yang ingin dipasarkan.

Tips diatas bukan hanya berlaku bagi bisnis dan website2 perusahaan. Apapun yang berupa website dan blog bisa menerapkan tips2 diatas untuk memaksimalkan pencerminan sebuah brand dengan menggunakan web design.

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Nice post om Rudi... Tp

Nice post om Rudi... Tp menurut saya, up to date dgn trend itu harus. Bkn hanya krn keamanan website itu sendiri, tp krn citra yg dibangun bisa kelihatannya lebih terpercaya dan gak ketinggalan jaman.

Orang klo baca2 artikel di Internet, klo presentasi designnya gak update dgn fitur2 menarik, bisa2 org ngeliat itu website pny info yg ketinggalan. Menurut saya itu bisa ngerusak brand itu sendiri.

My opinion ya om

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 3 years 7 months ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
mungkin web design disini

mungkin web design disini adalah layoutnya. atau.tampilan secara umum. bkn teknologi yg dipakai.

design dan tampilan layout kan gak banyak berubah banyak dari waktu ke waktu

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
design walaupun gak berubah

design walaupun gak berubah cepet, tp tampilan fresh selalu bikin org seneng.

tampilan up to date dgn teknologi dan pewarnaan yg melambangkan brand itu sendiri.

contohnya Facebook. selama dia warnanya biru diatas.putih, org akan selalu ingat itu adalah Facebook. tp layout dan designnya trus berubah seiring bertambahnya fitur.

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Web design dan brand akan

Web design dan brand akan datang klo kita konsisten thdp ada yg kita bikin.

update disini adalah informasi yg dikasih. klo design, selama design itu masih menarik dan mencerminkan visi misi usaha dan karakter, itu adalah brand.

0
No votes yet
Januar
Januar's picture
Offline
Last seen: 4 years 11 months ago
Joined: 11 Sep 2013 - 16:28
Points: 91
Nice info, pak. brand bisa

Nice info, pak. brand bisa disinyalir dengan web design selama design tersebut bisa merepresentasikan produk dan jasa yang diberikan

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
itu yang namanya karakter dan

itu yang namanya karakter dan konsistensi dalam merepresentasikan sebuah brand.

selama punya karakter, dan karakter itu ditampilkan secara konsisten seperti kata om Rudi, brand bisa dateng dengan sendirinya. ini semua karena melibatkan poin2 lain seperti perasaan.

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 3 years 11 months ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 501
Up. Nanya tentamg branding

Up. Nanya tentamg branding website dan banding di dunia nyata. Apa yang harua diperhatiin?

Misalnya karakter dunia nyata kan gak bisa dibawa ke internet

0
No votes yet
Harianto
Harianto's picture
Offline
Last seen: 5 years 9 months ago
Joined: 5 Mar 2014 - 11:21
Points: 92
Warna? Yang jelas sih visi

Warna? Yang jelas sih visi misi

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 3 years 11 months ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 501
Harianto wrote:

Harianto wrote:

Warna? Yang jelas sih visi misi

Selain itu maksudnya. Visi misi jelas harus punya :)

0
No votes yet