Kenapa mahal?

12 posts / 0 new
Last post
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 6 months 1 week ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 382
Kenapa mahal?

Malam all ;) pengen cerita dikit. Blm lama ini aku survey2 tempat bikin logo dan rata2 mereka punya fixed price. Tapi ada juga yg ngasih harga relatif sama ukuran usaha si klien, yg makin besar makin mahal.

Trus pak Himawan sempet post rumusnya yg ternyata harga logo itu ngaruh sama talenta si designer, waktu, dll.

Pertanyaannya yg bikin aku sedikit bingung itu kenapa logo itu harusnya mahal? Dan kalo ada orang yang bisa ngebuat dgn harga murah kenapa gak dipilih? No offense ya buat yg bikin logo disini. Tapi diluar sana banyak kok yg bisa ngerjain. Harganya juga miring. Dan aku jg yakin kalo perusahaan besar contohnya, mereka pasti punya karyawan yg bisa bikin. Bisa neken biaya jg kan?

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 2 years 3 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Hmmm.. Orang pilih karena

Hmmm.. Orang pilih karena nama, orang percaya karena wawasan, orang suka karena pengalaman. Walaupun banyak desainer skrg2 ini, menurut saya gak banyak yg ngedalemin ilmunya. Jd kbykn dari mereka cuma ngerti ngedesain tp gak ngerti ilmunya...

Logo mahal karena beban yg bakal ditanggungnya.

0
No votes yet
Rama
Rama's picture
Offline
Last seen: 3 months 2 weeks ago
Joined: 27 Aug 2013 - 09:23
Points: 466
apalagi sekarang banyak

apalagi sekarang banyak template2 dan program buat bikin logo langsung jadi. setahu saya logo gak boleh pake template karena ngelambangin badan komersial. selain gak profesional, bisa dituntut hak cipta.

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 2 years 3 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
yup. banyak template sampe2

yup. banyak template sampe2 non desainer yg gak ngerti apa2 ngakunya desainer. kebanyakan freelance begitu skrg...

0
No votes yet
Darman
Darman's picture
Offline
Last seen: 5 months 1 day ago
Joined: 14 Aug 2013 - 14:47
Points: 507
mahal karena logo itu adalah

mahal karena logo itu adalah simbol. makanya harganya bisa gak kira2. logo itu simbol dari perusahaan yang juga representasi dari visi misinya. karena itu, logo gak bisa dipandang sepele.

sayang aja banyak yang gak nganggep gitu. banyak yang mikir logo cuma sekedar gambar yang cukup inisial doang. padahal logo itu seperti investasi untuk kemajuan usaha itu sendiri.

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 6 months 3 weeks ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 501
menurut ane lebih bagus pilih

menurut ane lebih bagus pilih yang memang nyediain jasa design daripada nyari freelance. orang freelance biasanya memang bisa ngasih harga lebih murah tapi tentang pengalaman dan aftersalesnya kadang rada susah. pengalaman pribadi yah.

dulu beberapa tahun yang lalu sempet pake jasa freelance buat bikin spanduk dan brosur buat kegiatan kantor. awalnya memang bagus tapi kalo ada perubahan2 atau komplain, agak lama nanggepinnya.

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 2 months 3 weeks ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
perusahaan gede biasanya

perusahaan gede biasanya outsource project2 seperti itu karena mau ngebebasin diri dari kemungkinan2 yang akan datang. misalnya seandainya ada kasus klaim hak cipta atau tuntutan saham. dan karena manajementnya, masing2 juga udah punya job description sendiri. jadi mereka akan pesen lewat freelance atau perusahaan yang emang bergerak di bidang desain dengan portfolio bagus.

seandainya mau bikin sendiri, mereka pun akan bikin tim kreatif sendiri yang akan survey lapangan dulu, liatin prospek pasar, dll. itu belum termasuk konsekuensi dan kemungkinan2 perubahan brand.

harga logo yang kisaran jutaan bisa jadi puluhan sampe ratusan juga kalo dikerjain outsource.

0
No votes yet
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 6 months 1 week ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 382
jadi mahal itu karena pertama

jadi mahal itu karena pertama dia adalah simbol? belom pernah urusan sama designer freelance jadi gak ngerti :p

bikin logo emang kriterianya banyak seperti siapa dan apa produknya, siapa targetnya, apa visi misinya, dll. itu masuk ke faktor penyebab harganya bisa sampe ratusan juta? atau cuma karena designernya beken dan terkenal?

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 6 months 3 weeks ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 501
dua2nya mbak. logo jadi mahal

dua2nya mbak. logo jadi mahal karena memang dia simbol dan lambang dari suatu usaha atau produk. dan juga karena proses survey juga. designer terkenal dipilih mungkin bisa juga tapi jarang mbak.

0
No votes yet
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 6 months 1 week ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 382
seandainya logo melanggar hak

seandainya logo melanggar hak cipta ada gak kasusnya? yang disalahin perusahaannya apa designernya?

0
No votes yet
Kurniawan
Kurniawan's picture
Offline
Last seen: 6 months 3 weeks ago
Joined: 31 Jul 2013 - 11:49
Points: 317
Ada... Contohnya kasus ini:

Ada... Contohnya kasus ini:

Perkara gugatan pelanggaran hak cipta logo cap jempol pada kemasan produk mesin cuci merek TCL oleh pengusaha Junaide Sasongkoi. Distributornya di Indonesia katanya PT Ansa Mandiri Pratama.

0
No votes yet
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 6 months 1 week ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 382
banyak kok freelance bagus.

banyak kok freelance bagus. cuma harus teliti aja dan pastiin kalo portfolionya asli bikinannya dari imajinasi bukan dari template gratisan tinggal download di internet. rada susah nyari yang legitimate jadi mending cari yang resmi aja.

kalo buat neken biaya, aku masih mikir kalo seandainya perusahaan mau ngajarin atau ngasih kursus tentang desain grafis, gak perlu outsource ke freelance atau perusahaan lain.

0
No votes yet