Heboh Bocornya Program Pemerintah Amerika Prism

59 posts / 0 new
Last post
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Heboh Bocornya Program Pemerintah Amerika Prism

Siang semua,

Mau sharing mengenai berita bocornya program pemerintah AS oleh Edward Snowden. Sedikit copy-paste dan tambah2 info dari beberapa sumber:

Edward Snowden yang berumur 29 thn, pakar IT yang pernah bekerja di CIA dan belakangan ini menjadi pakar IT di kontraktor pertahanan Booz Allen Hamilton yang menjadi rekanan National Security Agency (NSA), membocorkan program mata-mata dan penyadapan AS, Prism.

Prism, adalah program penyadapan di mana FBI dan NSA bisa menyadap secara langsung jaringan layanan online, seperti Google, Facebook, Skype, PalTalk, Microsoft, Apple and Yahoo. Termasuk penyadapan percakapan telepon pada provider terbesar AS, Verizon.

Edward Snowden yang dijuluki "Si Kutu Buku Seksi" oleh pendukungnya ini bersembunyi di luar AS setelah membocorkan rahasia NSA tentang proyek PRISM. Dia meninggalkan kekasih di Hawaii tanpa kepastian.

kekasih Snowden itu bernama Lindsay Mills yang setahun lebih muda itu adalah seorang balerina yang juga bekerja sebagai pole dancer.

Di blognya, Mills curhat soal kepergian sang kekasih. Tak lupa, dia juga memajang foto2nya bersama Snowden yang disebut sebagai 'man of mystery'.

Pasangan ini sudah bersama sejak beberapa tahun terakhir. Keduanya sudah berkeliling ke sejumlah negara. Mereka pernah tinggal bersama di Jepang, mengikuti perjalanan karier Snowden.

"Dunia saya terbuka dan tertutup di waktu yang sama. Saya ditinggal sendirian di lautan tanpa kompas," kata Mills di blognya.

Pemerintah Amerika Serikat saat ini menyelidiki terbongkarnya program Prism. Proyek penyadapan telepon dan informasi dari Internet itu bocor ke publik pada pekan lalu gara-gara ulah Snowden.

Sejak 20 Mei lalu, Snowden terbang dan sembunyi di Hong Kong. Dari sebuah hotel di Hong Kong itulah Snowden membocorkan rahasia kepada surat kabar Guardian dan Washington Post tentang program penyadapan Prism.

Snowden menyatakan sudah berpikir ribuan kali sebelum akhirnya nekat membuka monitoring percakapan telepon lewat operator Verizon tersebut. NSA juga menyusup ke server perusahaan teknologi informasi raksasa seperti Google dan Facebook.

"Saya tidak mau hidup di tempat di mana semua yang saya lakukan dan katakan direkam," kata Snowden. "Saya tidak mau mendukung atau membantu program seperti itu."

Snowden menceritakan, NSA punya program yang membuat lembaga keamanan negara Paman Sam itu bisa mendapatkan informasi yang ada di internet dan percakapan telepon.

"Cukup memakai program itu, maka mereka bisa melihat isi surat elektronik, kata kunci, percakapan telepon, dan penggunaan kartu kredit," jelasnya.

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 6 years 3 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
PERTAMAX :p

PERTAMAX :p

Trims buat infonya.

Statusnya masih buron yah? Kalau masalah privasi, Amerika memang punya kemampuan buat "menginvasi". Tapi masih mereka masih dihadang undang2. Tapi undang2 selalu bisa diputarbalikan. Lagi heboh memang di berita technology.

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
Beritanya katanya mantan

Beritanya katanya mantan presiden Bush pernah mengeluarkan statement yang bilang untuk nyadap sambungan kabel kontinental yang di laut. Benar gak tuh?

Jadi mungkin Prism ini hanya satu dari sekian banyak cara AS untuk memperoleh info baik dari negara teman dan saingan.

0
No votes yet
Tyo
Tyo's picture
Offline
Last seen: 5 years 9 months ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:06
Points: 73
Denger2 juga begitu...

Denger2 juga begitu... Pemerintah memantau setiap transaksi elektronik yang masuk dan keluar dari Amerika.

Klo memang benar begitu, transaksi2 kita yang dari Indonesia juga kebaca oleh mereka dong?

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
Bisa jadi

Secara website dari perusahaan internet raksasa rata2 ada di AS. Jadi informasi yang masuk dan keluar dari perusahaan bisa jadi dapat diperoleh tanpa sepengetahuan undang-undang yang berlaku.

Who knows? CMIW :)

0
No votes yet
Tyo
Tyo's picture
Offline
Last seen: 5 years 9 months ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:06
Points: 73
Jadi informasi dari transaksi

Jadi informasi dari transaksi kartu kredit, dll bisa juga dipakai oleh pihak2 berwenang yang seharusnya gak berwenang? Kesalahan besar buat Amerika. Seharusnya mereka yg katanya sangat concern mengenai privacy harus nunjukin kebenaran ucapannya.

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Prism udh ada dari dari dulu.

Prism udh ada dari dari dulu. Dan ternyata bocornya info dari Edward Snowden menyatakan bahwa pemerintah AS mengambil informasi dari perusahaan2 internet raksasa, baik dengan persetujuan merka maupun tidak. Walaupun Google, dkk menyatakan tidak mengetahui adanya Prism dan menghindarinya, Pemerintah AS sepertinya udh mengantisipasinya.

0
No votes yet
Doni
Doni's picture
Offline
Last seen: 7 years 1 month ago
Joined: 11 Feb 2013 - 13:14
Points: 27
"Unwarranted government

"Unwarranted government surveillance is an intrusion on basic human rights that threatens the very foundations of a democratic society."

Tim Berners Lee

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Gedung Putih menyatakan

Gedung Putih menyatakan kekecewaannya terhadap pemerintah Cina yang membiarkan Snowden meninggalkan persembunyiannya di Hongkong. Dan sekarang dia diduga kuat berada di Rusia setelah menghilang dalam penerbangan menuju ke Kuba.

MenLu AS John Kerry, 25 Juni 2013, meminta Rusia agar menyerahkan tersangka pembocor informasi intelijen itu.

John Kerry mengatakan bahwa pihaknya akan kecewa bila China dan Rusia tidak menghentikan perjalanan Snowden, sementara kedua negara ini secara resmi telah menerima permintaan Washington. Kerry mengatakan, bila memang demikian keadaannya, akan ada dampak sikap tersebut terhadap hubungan AS-Rusia dan AS-China.

MenLu AS mendesak Moskwa untuk menghormati hukum.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan bahwa Snowden masih berada dalam zona transit di Moskwa. Dan selama masih berada di bandara, keberadaan Snowden di Moskwa sama sekali tidak melanggar undang-undang Rusia.

Dalam kesempatan itu Putin kembali mengingatkan bahwa Amerika Serikat dan Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi. Pernyataan Putin ini semakin menegaskan penolakan Rusia untuk menyerahkan Snowden ke tangan aparat AS.

"Terkait penyerahan Snowden, kami hanya bisa menyerahkan seseorang ke negara di mana kami memiliki perjanjian internasional terkait penyerahan kriminal," ujar Putin.

"Dan kami tak memiliki perjanjian semacam itu dengan Amerika Serikat," tukas mantan agen KGB itu. Dan Putin membantah semua tudingan yang menyatakan Rusia membantu perjalanan Snowden.

Dengan bantuan Julian Assange, pendiri WikiLeaks, Snowden diyakini dapat lepas dari cengkeraman AS akhir pekan lalu. Menurut Assange, pada persembunyiannya di kedutaan Ekuador di London, menyebutkan bahwa WikiLeaks menanggung semua biaya Snowden, mulai dari perjalanan dari Hongkong dan pengeluaran2nya.

Assange tidak mengeluarkan pendapat mengenai perjalanan tujuan Snowden setelah dari Rusia.

Di lain pihak, Ekuador sudah mengatakan ke Rusia bahwa pihaknya tengah meninjau ulang permintaan suaka Snowden. Sebelumnya, sebuah pesawat Aeroflot SU-150 dilaporkan membawa Snowden mendarat di bandara Sheremetyevo, Moskwa, pada Minggu pukul 17.05 waktu setempat dari Hongkong. Media lokal Moskwa mengatakan, Snowden bakal bertolak menuju Kuba atau Karakas (Venezuela) atau Ekuador. Namun kursi pesawat yang harusnya ditumpanginya kosong.

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 6 years 3 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
Benih2 perang dingin

Benih2 perang dingin kelihatannya mulai bersemi kembali...

0
No votes yet
Junaidi
Junaidi's picture
Offline
Last seen: 3 years 10 months ago
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 520
Butuh waktu juga untuk

Butuh waktu juga untuk Ekuador untuk memberikan suaka kepada Snowden. Seperti halnya butuh waktu beberapa bulan untuk memberikan Assange suaka.

Berita terakhir adalah Snowden bersama staff Wikileaks, yang juga penasehat Assange bernama Sarah Harrison.

Walaupun Presiden Putin menyatakan bahwa Snowden berada di bandara, statusnya tetap tidak ditemukan. Tidak tertutup kemungkinan kalau intelijen Rusia ada peran disini.

Junaidi

0
No votes yet
Sandra
Sandra's picture
Offline
Last seen: 3 years 11 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 11:16
Points: 382
Udah ada berita barunya tuh..

Udah ada berita barunya tuh...

Wikileaks yang katanya membantu Snowden merilis beritanya:

One week ago I left Hong Kong after it became clear that my freedom and safety were under threat for revealing the truth. My continued liberty has been owed to the efforts of friends new and old, family, and others who I have never met and probably never will. I trusted them with my life and they returned that trust with a faith in me for which I will always be thankful.

On Thursday, President Obama declared before the world that he would not permit any diplomatic "wheeling and dealing" over my case. Yet now it is being reported that after promising not to do so, the President ordered his Vice President to pressure the leaders of nations from which I have requested protection to deny my asylum petitions.

This kind of deception from a world leader is not justice, and neither is the extralegal penalty of exile. These are the old, bad tools of political aggression. Their purpose is to frighten, not me, but those who would come after me.

For decades the United States of America have been one of the strongest defenders of the human right to seek asylum. Sadly, this right, laid out and voted for by the U.S. in Article 14 of the Universal Declaration of Human Rights, is now being rejected by the current government of my country. The Obama administration has now adopted the strategy of using citizenship as a weapon. Although I am convicted of nothing, it has unilaterally revoked my passport, leaving me a stateless person. Without any judicial order, the administration now seeks to stop me exercising a basic right. A right that belongs to everybody. The right to seek asylum.

In the end the Obama administration is not afraid of whistleblowers like me, Bradley Manning or Thomas Drake. We are stateless, imprisoned, or powerless. No, the Obama administration is afraid of you. It is afraid of an informed, angry public demanding the constitutional government it was promised — and it should be.

I am unbowed in my convictions and impressed at the efforts taken by so many.

Edward Joseph Snowden

Monday 1st July 2013

Terjemahin sendiri yah :p

0
No votes yet
Michael
Michael's picture
Offline
Last seen: 4 years 6 months ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:00
Points: 342
Snowden minta suaka kepada 21

Snowden minta suaka kepada 21 negara. Bukan hanya Ekuador.

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Berita lebih lanjut yang

Berita lebih lanjut yang dikutip dari bbrp sumber:

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah membahas Snowden. Ini dispekulasikan bahwa Snowden bisa diizinkan masuk Venezuela.

Snowden telah membeli tiket ke Havana, Cuba dan Caracas, Venezuela sebelum dikabarkan berada pada zona transit Moskwa.

Opini lain berpendapat bahwa Snowden kemungkinan berada di Bolivia karena Presidennya juga berada bersama Putin pada rapat di Kremlin. Dan Presidennya jAnother option for Snowden may be Bolivia, whose president also was meeting with Putin during a summit of major gas exporters in the Kremlin. Presiden Bolivia Evo Morales yang diinterview dengan media massa Rusia berpendapat bahwa negaranya sedang mempertimbangkan suaka Snowden.

Suaka Snowden telah ditolak oleh Brazil, Finlandia, Jerman, India dan Polandia. Beberapa negara lainnya berpendapat bahwa Snowden harus berada di negara di mana dia ingin mengajukan suaka sebelum negara tersebut menyetujuinya, ini termasuk negara Austria, Ekuador, Norwegia dan Spanyol. Sementara itu negara lainnya yang masih belum menjawab adalah Venezuela, Bolivia, Cina, Cuba, Prancis, Islandia, Itali, Irlandia, Belanda, Nicaragua, dan Swiss.

0
No votes yet
Tyo
Tyo's picture
Offline
Last seen: 5 years 9 months ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:06
Points: 73
Hacker

Snowden ternyata dulunya seorang hacker. Dgn kemampuannya, dia juga bekerja untuk mengamankan jaringan2 NSA. Kemampuan hack Snowden itu juga yg membuatnya dapat mengambil data dari NSA tanpa ketahuan.

0
No votes yet
Elisa
Elisa's picture
Offline
Last seen: 3 years 3 months ago
Joined: 30 Apr 2013 - 12:54
Points: 244
Snowden?

Kabar Snowden sekarang bagaimana yah? Jadi dapet suaka di Rusia?

Terakhir di berita klo gak salah, Pak Presiden Rusia Putin menegaskan agar Snowden gak merusak hubungan AS dengan Rusia

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Update

Tanggal 16 Juli 2013, pejabat layanan migrasi federal Rusia menegaskan bahwa Snowden telah mengajukan permohonan suaka sementara di Rusia. Anatoly Kucherena, pengacara Snowden dan kepala dewan publik bagi lembaga pengganti KGB Soviet, mengatakan bahwa Snowden telah menyatakan dalam aplikasi yang dia hadapi kemungkinan penyiksaan dan eksekusi jika ia kembali ke AS

Menurut Kucherena, Snowden juga menyatakan bahwa ia akan memenuhi syarat Putin untuk pemberian suaka dan tidak akan lebih membahayakan kepentingan AS. Dan pada tanggal 23 Juli Kucherena mengatakan kliennya dimaksudkan untuk menetap di Rusia.

0
No votes yet
Kurniawan
Kurniawan's picture
Offline
Last seen: 3 years 11 months ago
Joined: 31 Jul 2013 - 11:49
Points: 317
Pengacara Snowder, Anatoly

Pengacara Snowder, Anatoly Kucherena berpendapat bahwa kliennya menetep di Russia. Dan Presiden Putin sendiri menganggap Snowden sebagai hadiah natal yang tak diinginkan.

AS, dalam upayanya mencegah Rusia memberi Snowden suaka, bilang bahwa mereka tidak akan menghukum mati Snowden jika tertangkap atau diserahkan. Ini adalah jawaban dari pemerintah AS setelah mendengar berita mengenai Snowden yang ingin mencari suaka di Rusia karena "jika dia kembali, dia akan dihukum mati."

0
No votes yet
Michael
Michael's picture
Offline
Last seen: 4 years 6 months ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:00
Points: 342
Akhirnya suaka turun

Edward Snowden akhirnya diberi suaka oleh Rusia. Skrg, Snowden yang paspornya udh ditarik sm AS sehingga semenjak 23 Juni 2013 berada di bagian transit internasional bandara, dapat menjejakkan kakinya di Rusia dengan bantuan pengacaranya.

Beritanya juga bilang klo Snowden udh mendapatkan tempat tinggal di Rusia dan berencana mencari pekerjaan di utk menghidupi dirinya.

Senator John McCain menganggap bahwa pemberian suaka oleh Rusia bagaikan "tamparan keras" kepada seluruh masyarakat AS, dan perbuatan tsb telah memalukan AS.

Pemerintah AS yg awalnya meminta ekstradiksi Snowden berang dan hubungan AS-Rusia menjadi tegang. Walaupun dalam kondisi begini, pengamat masih menganggap bahwa hubungan AS-Rusia blm terpengaruh.

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Edward Snowden sekarang

Edward Snowden sekarang berada di Rusia, dengan suaka setahun dan dapat (mungkin) diperpanjang tahunan.

Ayah dari Edward Snowden, Lonnie Snowden, mengaku lega dan menyanjung Presiden Putin akan keputusannya memberikan anaknya suaka. Walaupun dengan kemungkinan tidak dapat melihat anaknya kembali. Ini diungkapkan ketika FBI memberikannya kesempatan ketemu anaknya atas nama FBI. Ayahnya menolak karena tidak mau dijadikan "alat" oleh pemerintah.

Snowden pertama kali menghubungi Glenn Greenwald dari The Guardian pada akhir 2012. Komunikasi antara mereka adalah melalui email yang terenkripsi. Karena terlalu riskan bagi Greenwald, Snowden menghubungi pembuat film dokumenter bernama Laura Poitras pada bln January 2013.

Menurut Poitras, Snowden menghubunginya setelah melihat hasil kerjanya mengenai William Binney, yang juga adalah 'whistleblower' dari NSA, Sementara itu di The New York Times. Greenwald mulai berkomunikasi dengan Snowden pada bulan Februari-April setelah Poitras meminta Greenwald untuk bertemu di New York.

Barton Gellman, penulis utk The Washington Post, mengungkapkan kontak pertamanya adalah pada 16 Mei 2013. Menurut Gellman, Snowden menghubungi Greenwald setelah Washington Post menolaj untuk mempublikasikan 41 slide Powerpoint dalam waktu 72 jam.

Dan menurut Wiki, pada 8 Augustus 2013, Lavabit, provider secure email asal Texas yang sering dipakai Snowden untuk komunikasi, gulung tikar setelah berbisnis hampir 10 thn. Pemilikya, Ladar Levison, mengeluarkan statement bahwa dia lebih memilih utk menutup usahanya dibandingkan "terlibat dengan kriminal melawan penduduk AS."

0
No votes yet
Gunawan
Gunawan's picture
Offline
Last seen: 3 years 7 months ago
Joined: 14 Aug 2013 - 16:30
Points: 250
Tambahan

Laura Poitras pada awalnya tidak begitu yakin dengan ucapan Edward ketika dia bilang ingin memberikan dokumen2. Pada saat itu Edward belum dikenalnya, dan email yang diterima dari Edward adalah anonymous.

Karena pekerjaannya yang berhubung dengan jurnalistik dan dokumenter, Laura sering menerima pesan email dari orang2 yang tidak dikenalnya. Dan Edward merupakan salah satunya.

Pada saat itu Laura diminta private key agar email yang dikirim tidak dapat disadap. Setelah itu Edward yang masih belum dikenalnya mengirim pesan untuk prosedur lebih lanjut agar memastikan emailnya tidak dapat disadap dengan password panjang yang dapat menghindari brute-force attack. Setelah itu, Edward mengirim email yang berisi dokumen2 rahasia kepada Laura.

Berikut kopasnya:

"Poitras received an encrypted message that outlined a number of secret surveillance programs run by the government. She had heard of one of them but not the others. After describing each program, the stranger wrote some version of the phrase, “This I can prove.”

Seconds after she decrypted and read the e-mail, Poitras disconnected from the Internet and removed the message from her computer. “I thought, O.K., if this is true, my life just changed,” she told me last month. “It was staggering, what he claimed to know and be able to provide. I just knew that I had to change everything.”

Poitras remained wary of whoever it was she was communicating with. She worried especially that a government agent might be trying to trick her into disclosing information about the people she interviewed for her documentary, including Julian Assange, the editor of WikiLeaks. “I called him out,” Poitras recalled. “I said either you have this information and you are taking huge risks or you are trying to entrap me and the people I know, or you’re crazy.”

The answers were reassuring but not definitive. Poitras did not know the stranger’s name, sex, age or employer (C.I.A.? N.S.A.? Pentagon?). In early June, she finally got the answers. Along with her reporting partner, Glenn Greenwald, a former lawyer and a columnist for The Guardian, Poitras flew to Hong Kong and met the N.S.A. contractor Edward J. Snowden, who gave them thousands of classified documents, setting off a major controversy over the extent and legality of government surveillance. Poitras was right that, among other things, her life would never be the same."

0
No votes yet
Elisa
Elisa's picture
Offline
Last seen: 3 years 3 months ago
Joined: 30 Apr 2013 - 12:54
Points: 244
Kenapa harus Laura Poitras?

Kenapa harus Laura Poitras? Pdhl mereka blm saling mengenal. Hanya dari hasil kerja Laura Poitras kan yang meyakinkan Edward Snowden utk memberikan informasinya?

Dan memberikan suatu rahasia negara kepada org lain bknnya juga melibatkan org lain itu ke kericuhan?

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
Ada berita bahwa arsip yang

Ada berita bahwa arsip yang dimiliki Snowden juga melibatkan Inggris yang mempunyai markas di Timur Tengah untuk menyadap komunikasi email dan telepon mewakili intelijen negara barat. markas ini dapat menyadap komunikasi kabel fiber optik antar negara yang keluar dan masuk daerah Timur Tengah. Informasi ini diproses GCHQ dan NSA.

"The Government claims the station is a key element in the West’s “war on terror” and provides a vital “early warning” system for potential attacks around the world."

Informasi tentang proyek tsb ada pada salah satu dari 50rb dokumen yang didownload Snowden pada tahun 2012. Informasi tsb didapatkan dari GC-Wiki yang mirip Wikipedia namun Top Secret dan hanya dapat diakses oleh orang2 tertentu.

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 6 years 3 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
GCHQ dan NSA = mata2

GCHQ dan NSA = mata2 pembongkar dinding privasi.

Snowden is the hero that proves what's right and what's wrong

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
Beberapa minggu yang lalu,

Beberapa minggu yang lalu, Presiden AS Barack Obama mengeluarkan statemen bahwa "saya percaya bahwa NSA tidak semena2 menggunakan kemampuannya." Itu setelah informasi bocor telah diketahui publik. Ini seperti pada saat pemerintahan Bush dimana dia mengeluarkan statemen sebelum perang Irak "kita telah melakukan segala upaya kecuali menyerang."

Sepertinya para pemimpin itu seperti tidak tahu menahu atau tidak peduli. Seakan2 mereka berada di dunia mereka sendiri dan hilang kontak dari realita.

Putin menyebut Snowden sebagai "hadiah natal". Bagaimana pun, sang whistleblower Snowden yang telah membawa banyak dokumen rahasia yang telah ia kumpulkan selama beberapa bulan walaupun tidak tahu seluruh isi dokumen yang dia curi, memang seperti "hadiah" bagi banyak orang. Bukan hanya Putin, tapi juga kepada masyarakat luas yang concern terhadap privasi dan ancaman AS terhadap diri dan negara mereka. Dan juga karena dia telah membongkar upaya salah satu penyalah gunaan kekuasaan terbesar, aksi mata2 ilegal terbesar pada negara AS itu sendiri.

Moskow sebenarnya bukan tempat singgah yang diinginkan Snowden. Dia harusnya pergi ke Havana setelah 22 jam transit di Moskow. Snowden tidak pernah berangkat naik pesawat karena wartawan hanya melihat bangku 17A miliknya kosong. Beritanya adalah bahwa Snowden telah menetap di konsulat Rusia di Hongkong utk minta suaka di Amerika latin. Di konsulat Rusia di Hongkong itu, Snowden jg sekaligus merayakan ultahnya yg ke-30.

Gak kebayang orang masih berumur 30thn dan punya masa depan jadi buronan dan whistleblower paling diincar skrg ini.

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 3 years 7 months ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
Snowden is a hero! paling

Snowden is a hero! paling tidak bagi publik amerika dan mereka yg memperhatikan privasi mereka di internet.

berita terakhir si Snowden dapat penghargaan dari Jerman yg namanya "whistleblower prize" sebesar usd3900. Snowden yang sekarang di rusia, umur 30thn itu, membocorkan dana gelap fiskal 2013 sebesar usd52.6 milyar! tapi belum ada berita bagaimana caranya pemerintah menggunakan dan mengelola dana itu utk tujuan presiden dan kongres semenjak tahun 2007.

0
No votes yet
Danna
Danna's picture
Offline
Last seen: 4 years 4 months ago
Joined: 2 Apr 2013 - 12:59
Points: 243
Dokumen dari Edward Snowden

Dokumen dari Edward Snowden menyatakan kalau pemerintah AS dan Inggris bisa melihat data terenkripsi seperti mobile banking dengan program bernama Bullrun.

Email, data finansial, data kesehatan (medical records), dll yang terenkripsi bisa dilihat oleh pemerintah dengan program yang mengambil biaya milyaran dollar AS semenjak tahun 2000.

Dengan Bullrun dan supercomputer yang mereka miliki, mereka dapat menyadap hampir semua data yang seharusnya adalah confidential. Dokumen dari Edward Snowden ini telah membuktikan bahwa kemampuan pemerintah AS dan kroninya di Inggris dapat mengintai siapapun dimanapun.

Sudah hampir 3 tahun lamanya AS dan Inggris berusaha untuk melihat atau "menyadap" data2 rahasia dari perusahaan internet ternama seperti Google, Yahoo, Facebook and Microsoft. Walaupun mereka dengan terang2an membantah. kelihatannya mereka pun disadap

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
Kasusnya sudah masuk

Kasusnya sudah masuk pengadilan kemarin. Katanya Google, dll ingin transparansi tentang apa yang mereka kasih. Mereka bilang mereka rugi banyak, terutama dari pengguna luar negeri karena kebocoran informasi dan menurunnya kepercayaan konsumen terhadap mereka.

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
update: Amerika suka berbagi

update: Amerika suka berbagi ke kroninya di Israel. data2 telpon dan internet.

katanya ini krn Israel lbh pengalaman di bagian Timur Tengah. dan punya musuh yang sama seperti Iran, Syria, dll.

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Gak heran sesama kroni bagi

Gak heran sesama kroni bagi informasi. Gara2 itu Snowden skrg yg masih di Rusia harus nyamar buat pergi2

0
No votes yet
Junaidi
Junaidi's picture
Offline
Last seen: 3 years 10 months ago
Joined: 14 Mar 2013 - 09:01
Points: 520
Snowden sekarang dikawal dan

Snowden sekarang dikawal dan kalau keluar pake nyamar. alamat tempat dia tinggal juga dirahasiain. sampe2 kunjungan keluarga pun gak dibolehin. udah bisa bahasa Rusia juga dia

Junaidi

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
jauh dari rumah jauh dari

jauh dari rumah jauh dari pacar jauh dari keluarga :(

sediiiihhhh

0
No votes yet
Maulana
Maulana's picture
Offline
Last seen: 4 years 10 months ago
Joined: 1 Jul 2013 - 11:32
Points: 221
Dia mau bocorin pasti dia tau

Dia mau bocorin pasti dia tau konsekuensinya. kelihatannya nerima aja kok dia :p

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
nerima hidup apa adanya juga.

nerima hidup apa adanya juga... ada berita klo Snowden kefoto lg shopping. tp org2 blg gak mungkin krn dia hidup terasing jd gak mungkin bisa belanja sebanyak itu.

di foto Snowden lg belanja, dia lg bawa byk belanjaan. katanya Snowden gak mungkin bisa belanja sebanyak itu. tandanya hidup miskin di negara orang.

knp gak ke Indonesia aja? :p

0
No votes yet
Andre
Andre's picture
Offline
Last seen: 4 years 9 months ago
Joined: 17 Sep 2013 - 16:00
Points: 229
Maulana wrote:

Maulana wrote:

Dia mau bocorin pasti dia tau konsekuensinya. kelihatannya nerima aja kok dia :p

Hidup tanpa masa depan? Keliatannya dia gak nyangka kalo kasusnya bakal seheboh ini :/

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Baru baca di Kompas. Ayahnya

Baru baca di Kompas. Ayahnya Snowden dateng ke Rusia utk ketemu anaknya... Lon Snowden, nama ayahnya, sampe ke Moskow dan langsung ditemuin sama pengacara Edward Snowden.

Ini beritanya: http://internasional.kompas.com/read/2013/10/11/1609017/Edward.Snowden.Bertemu.Ayahnya.di.Moskwa

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
Iyaaa... Akhirnya ketemu

Iyaaa... Akhirnya ketemu bapaknyaaaa... :')

0
No votes yet
Andri
Andri's picture
Offline
Last seen: 5 years 11 months ago
Joined: 18 Apr 2013 - 10:36
Points: 169
ngikutin banget

ngikutin banget perkembangannya mbak :)

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
she loves Snowden. :)

she loves Snowden. :)

0
No votes yet
Andre
Andre's picture
Offline
Last seen: 4 years 9 months ago
Joined: 17 Sep 2013 - 16:00
Points: 229
Yang pro Amerika: Snowden is

Yang pro Amerika: Snowden is no hero, seorang penghianat. Kalo yang liberal dan anti Amerika: Snowden is a hero. Tergantung mereka cenderung kemana.

0
No votes yet
Darman
Darman's picture
Offline
Last seen: 3 years 4 weeks ago
Joined: 14 Aug 2013 - 14:47
Points: 507
Andre wrote:

Andre wrote:

Yang pro Amerika: Snowden is no hero, seorang penghianat. Kalo yang liberal dan anti Amerika: Snowden is a hero. Tergantung mereka cenderung kemana.

hacker pemerintah gak ada yang ngadilin... hacker perorangan dihukum. NSA jelas2 ngehack komputer2 dan mata2in para penggunanya tapi dunia cuma bisa komentar doang. sementara itu hacker2 seperti pendiri Pirate Bay diancam penjara karena baru2 ini ketahuan ngehack data polisi.

0
No votes yet
Himawan
Himawan's picture
Offline
Last seen: 5 years 8 months ago
Joined: 9 Jul 2013 - 12:14
Points: 205
Thanks to Snowden aib

Thanks to Snowden aib Australia kebongkar!! klo gak karena dia, bisa2 kita diobok2 orang aussie dan diem gak tau apa2

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 3 years 7 months ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 358
50rb komputer disadap oleh malware

NSA menginfeksi 50rb komputer di dunia dengan virus/malware yang diprogram utk nyuri informasi. Beritanya dateng dari dokumen2 Snowden yang baru dirilis.

NSA mengumpulkan informasi di seluruh dunia. Dalam operasinya, NSA menggunakan Computer Network Exploitation (CNE) untuk menyebar dan memasang program berbahaya ke 50rb jaringan komputer.

Pertama kalinya ditemukan sama jaringan operator telekomunikasi Belgia yang bernama Belgacom, bulan September 2013 kemarin. Program berbahaya itu disusupi oleh dinas intelijen Inggris (GCHQ).

Penyebaran program ini dilakukan oleh departemen khusus yang disebut Tailored Access Operations (TAO) yang merekrut lebih dari seribu hacker. Dan ternyata, NSA melakukan operasi ini dari tahun 1998.

Program virus/malware ini bisa dipisang secara remote. Jadi bisa aktif bertahun2 tanpa terdeteksi dan bisa dikendalikan dari jarak jauh.

0
No votes yet
Andre
Andre's picture
Offline
Last seen: 4 years 9 months ago
Joined: 17 Sep 2013 - 16:00
Points: 229
Google sama Yahoo juga

Google sama Yahoo juga disadap.... mau aman? pake mesin tik!!!

0
No votes yet
Doni
Doni's picture
Offline
Last seen: 7 years 1 month ago
Joined: 11 Feb 2013 - 13:14
Points: 27
Masuk akal om. Hahahahaha...

Masuk akal om. Hahahahaha...

Tau film Pulse? Balik ke jaman batu biar aman :))

0
No votes yet
Anton
Anton's picture
Offline
Last seen: 6 years 3 months ago
Joined: 26 Mar 2013 - 09:36
Points: 247
udah pada tau yang namanya

udah pada tau yang namanya Dropout Jeep gak?

software ini mentargetkan dirinya ke iphone, ngasih NSA kemampuan untuk menyadap aktifitas handphone itu... termasuk baca message, dengerin voice mail sampe ngidupin mic dan camera!

Apple sendiri menyangkal. apalagi karena mereka merasa keamanan gadget mereka mumpuni. dan info bocor tentang Dropout Jeep itu dari tahun 2008. jaman2nya iphone 3g

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Anton wrote:

Anton wrote:

udah pada tau yang namanya Dropout Jeep gak?

software ini mentargetkan dirinya ke iphone, ngasih NSA kemampuan untuk menyadap aktifitas handphone itu... termasuk baca message, dengerin voice mail sampe ngidupin mic dan camera!

Apple sendiri menyangkal. apalagi karena mereka merasa keamanan gadget mereka mumpuni. dan info bocor tentang Dropout Jeep itu dari tahun 2008. jaman2nya iphone 3g

bingung caranya mereka bisa install itu malware. dropout jeep yg katanya bisa ambil data dari iphone kan jd seperti trojan. caranya NSA installnya gimana yah? :/

0
No votes yet
Lisa
Lisa's picture
Offline
Last seen: 4 years 1 month ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:09
Points: 296
update:

update:

NSA menginfeksi 50rb jaringan komputer pake virus yang khusus buat nyuri informasi. kabar ini dari dokumen Edward Snowden yang baru.

kopas dari Kompas:

Dalam operasinya, NSA menggunakan Computer Network Exploitation (CNE) untuk menyebar dan memasang program berbahaya ke 50.000 jaringan komputer.

Dalam jaringan operator telekomunikasi Belgia yang bernama Belgacom, ditemukan program berbahaya pada September 2013. Program berbahaya itu disusupi oleh dinas intelijen Inggris, Government Communications Headquarters (GCHQ).

Menurut laporan media NRC asal Belanda, berdasarkan dokumen Snowden, GCHQ selama beberapa tahun terakhir telah menyadap lalu lintas telepon dan data pelanggan Belgacom.

Penyebaran program berbahaya oleh NSA dilakukan oleh departemen khusus yang disebut Tailored Access Operations (TAO). Menurut sumber publik, TAO mempekerjakan lebih dari seribu peretas.

Baru-baru ini, The Washington Post juga menerbitkan artikel tentang operasi siber NSA-TAO. Ternyata, NSA melakukan operasi sibernya sejak 1998.

Operasi NSA-TSO juga dilancarkan ke negara tetangga AS, seperti Venezuela dan Brasil. Program berbahaya yang terpasang di jaringan komputer negara itu bisa tetap aktif bertahun-tahun tanpa terdeteksi. Ia dapat dihidupkan, dimatikan, dan dikendalikan dari jarak jauh.

Media NRC asal Belanda coba meminta klarifikasi dari NSA. Namun, NSA menolak berkomentar. Seorang juru bicara Pemerintah AS menyatakan bahwa setiap pengungkapan materi rahasia dapat membahayakan keamanan nasional AS.

0
No votes yet
Kurniawan
Kurniawan's picture
Offline
Last seen: 3 years 11 months ago
Joined: 31 Jul 2013 - 11:49
Points: 317
di up lagi nih sama si mbak

di up lagi nih sama si mbak lisa :)

snowden jadi rektor lho skrg. diangkat sama mahasiswa universitas glasgow, skotlandia. sebagai rektor, dia ditugasin jadi wakil dari kepentingan mahasiswa2 di forum2 universitas. tapi perkiraannya snowden gak bisa kerja juga secara statusnya masih buron, suaka di rusia.

0
No votes yet
Michael
Michael's picture
Offline
Last seen: 4 years 6 months ago
Joined: 16 Apr 2013 - 13:00
Points: 342
update dari yahoo

update dari yahoo
https://www.yahoo.com/tech/snowden-update-uk-us-spies-stored-millions-of-yahoo-78048478732.html[/embed]

NSA nyadap webcam!! 1.8 juta webcam pengguna yahoo ternyata diintip!

0
No votes yet
Rama
Rama's picture
Offline
Last seen: 3 years 3 months ago
Joined: 27 Aug 2013 - 09:23
Points: 466
Michael wrote:

Michael wrote:

update dari yahoo

https://www.yahoo.com/tech/snowden-update-uk-us-spies-stored-millions-of-yahoo-78048478732.html

NSA nyadap webcam!! 1.8 juta webcam pengguna yahoo ternyata diintip!

Konsumsi pribadi para aparat pemerintah :@

0
No votes yet