Fakta dari SEO: jangan anggap remeh mesin pencari

4 posts / 0 new
Last post
Darman
Darman's picture
Offline
Last seen: 3 years 4 weeks ago
Joined: 14 Aug 2013 - 14:47
Points: 507
Fakta dari SEO: jangan anggap remeh mesin pencari

Selamat siang semua rekan2 sekalian.

Saya mau share sekedar fakta yang beredar di kalangan pemilik website, para webmaster, dan pada umumnya, para blogger dan mereka yang ingin memiliki website sendiri.

Banyak dari mereka yang bertanya "apa itu SEO?", dan sering dari mereka menjawab "saya sudah punya website dan itu cukup buat saya,"

Disini saya ingin menjelaskan, untuk apa mempunyai sesuatu jika kita tidak mengelola dan menjaganya? pengguna internet sekarang sudah hampir berada di mana2. apalagi di kota2 besar. komputer, tablet dan handphone yang terkoneksi dengan internet hampir tidak pernah lepas di tangan. mereka adalah pangsa pasar para pemilik website dan para webmaster. kenapa hanya duduk menunggu sementara kesempatan untuk menjadikan website company profile, blog, atau website e-commerce, dll lebih baik ada di depan mata?

SEO atau search engine optimization, optimisasi mesin pencari, sering dianggap remeh. SEO adalah bagian dari marketing suatu website di internet terhadap mesin pencari. Strategi marketing inilah yang meningkatkan ranking website pada mesin pencari, yang mengaklibatkan meningkatnya pengunjung website dan blog.

Jika suatu website tidak dianggap, atau tidak di rank oleh mesin pencari, sama saja kalau website itu tidak ada. kenapa? karena hampir semua orang di dunia menemukan website baru dari mesin pencari, terutama Google. jika sebuah website tidak memiliki rank, kemungkinannya adalah tidak ada pengunjung ke website dan blog anda. oleh karena itu, tanpa SEO, website dan blog anda akan kehilangan kesempatan dalam mencari keuntungan di internet.

Mereka yang mencari informasi dengan Google dan mesin pencari lainnya dengan memasukkan apa yang mereka cari di search box, mereka rata2 hanya melihat 10 link pertama, atau beberapa halaman pertama. Jika suatu website atau blog berada pada posisi itu, besar kemungkinan bahwa mereka akan mengklik dan mengunjungi.

Fakta dari SEO

- Pemakai internet sering memakai mesin pencari untuk mencari informasi mengenai produk dan konten.
- Pemakai internet percaya bahwa link2 yang berada di top 10 dan halaman2 pertama hasil cari mempunyai kredibilitas tinggi dan cocok dengan apa yang mereka cari.
- Website dan blog yang buruk SEO-nya tidak akan muncul di halaman2 mesin pencari
- Website dan blog dengan rank tinggi dapat mengubah pengunjung sebagai income profit mereka
- Pemakaian keywords terbukti karena pemakai internet sering mengetik dan mencari lebih dari sekali di search box.
- Semakin atas website dan blog anda ada di hasil cari mesin pencari, kemungkinan pengunjung mengklik website dan blog anda lebih besar.
- Hampir 100% pengguna mesin pencari mencari lebih dari sekali untuk informasi yang mereka butuhkan.
- Sekitar 80% pengguna internet memakai mesin pencari.
- Sekitar 70% pengguna mesin pencari tidak melihat halaman 4 keatas dari hasil cari mesin pencari.

Dari fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa jika sebuah website atau blog tidak mempunyai rank di mesin pencari, tinggi kemungkinan bagi mereka utk kehilangan pengunjung dan profit. Dan jika website dan blog mereka mempunyai rank, kemungkinannya adalah kesuksesan dari website dan blog itu. Semakin tinggi ranknya, semakin baik.

Tanpa SEO, website dan blog anda akan dilirik sebelah mata oleh Google dan mesin pencari lainnya. Karena banyak pengguna menggunakan mesin pencari, kesempatan terbaik anda untuk mencapai klien anda adalah mendekati mereka. ini dikarenakan di internet, orang cenderung malas untuk melihat hal2 lain jika mereka sudah menemukan jawaban atau solusi yang mereka cari.

Oleh karena itu, jangan diam berpangku tangan menunggu ada yang datang membeli 'dagangan' anda tanpa membuat promosi, marketing, dan hal2 lainnya yang mendongkrak popularitas.

Kesimpulannya adalah, SEO jangan dipandang remeh. Terutama bagi website dan blog yang baru berdiri dan mempunyai daya marketing yang rendah. Jangan pernah membandingkan website kita atau blog kita dengan website2 raksasa lainnya. ini karena mereka pun mulai dari bawah. dan mereka unggul karena mereka memiliki hal yang tidak dimiliki website2 lainnya. yaitu konten yang menarik.

pembahasan ini akan saya share di thread lain jika sempat dalam waktu dekat ini.

0
No votes yet
Rudiansyah
Rudiansyah's picture
Offline
Last seen: 4 years 7 months ago
Joined: 2 Mar 2013 - 11:54
Points: 417
Great post!

Great post!

SEO dan internet marketing adalah 2 hal yang tidak terpisah.

0
No votes yet
Danna
Danna's picture
Offline
Last seen: 4 years 4 months ago
Joined: 2 Apr 2013 - 12:59
Points: 243
Info yang menarik. SEM atau

Info yang menarik. SEM atau search engine marketing jangan lupa. sosial media sekarang udah menjamur. SEO dan SEM sama2 membantu website dalam berkembang dan dikenal di dunia maya.

0
No votes yet
Elisa
Elisa's picture
Offline
Last seen: 3 years 3 months ago
Joined: 30 Apr 2013 - 12:54
Points: 244
Thanks buat sharenya ya.

Thanks buat sharenya ya. Ditunggu updatenya

0
No votes yet