Akhir dari Nokia?

11 posts / 0 new
Last post
Rian
Rian's picture
Offline
Last seen: 9 months 1 week ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
Akhir dari Nokia?

Gak ada yang abadi dan roda selalu berputar. mungkin ini bisa ngejelasin nasib Nokia, merek terkenal dan kondang di jaman2nya 1990an dan awal 2000an mulai redup jadi gelap.

Nokia yang udah dibeli sama Microsoft katanya bulan2 ini bakal rampung mergernya. devisi telekomunikasi Nokia yang jadi sepenuhnya milik Microsoft katanya bakal jadi Microsoft Mobile. Nokia ganti nama tandanya dia juga ganti brand. otomatis, semua yang berbau Nokia bakal hilang kecuali paten2 dan teknologi2nya yg udah jadi milik Microsoft.

Sekilas sejarah, Nokia itu perusahaan asal Finlandia yang berdiri dari tahun 1865. Nama Nokia sendiri itu adalah nama kota di Finlandia. Eduard Polón adalah yang pertama kali pake nama itu buat perusahaan karetnya. Setelah itu, Fredrik Idestam dan Leo Mechelin yang merupakan teman baik ngebangun pabrik pulp di kota itu dan dikasih nama Nokia Ab. Nokia Ab nambah bidang kelistrikan tahun 1896.

Setelah Perang Dunia I, perusahaan kelistrikan itu hampir bangkrut dan 3 perusahaan (Suomen Gummitehdas, Suomen Kaapelitehdas dan Nokia Ab) gabung jadi perusahaan kongomerat yang dikenal dengan nama Nokia Corporation pada tahun 1967.

Tahun 1962, Nokia pertama kali ngejual produk kelistrikannya sendiri buat PLTN. dan tahun 1970 mulai merambah ke industri telekomunikasi dengan produk pertamanya yg bernama Nokia DX 200. Dan setelah Nokia beli Salora Oy di tahun 1984, cabang telekomunikasinya berubah nama jadi Nokia-Mobira Oy. produk pertamanya adalah Mobira Talkman. Dan tahun 1989 Nokia-Mobira Oy ganti nama jadi Nokia Mobile Phones.

Pada tahun 1992, nama perusahaan Nokia Corporation ganti nama jadi Nokia Telecommunications.

Semenjak itu, teknologi berkembang cepet. Nokia adalah salah satu pionir di bagian industri telekomunikasi sebagai salah satu pencetus GSM. Nokia juga ngerambah ke bagian IT dan komputer dengan ngeluarin PC sama laptop sendiri. tapi hal ini lebih banyak ngerugiin perusahaan dan Nokia sempet ngalamin resesi sampe CEOnya sempet bunuh diri. Nokia akhirnya ngerombak total manajemen dan strateginya.

Akhir 1990an sampe awal tahun 2000an, Nokia mulai kembali unjuk gigi. Nokia 1100 yang dikenalin tahun 2003 kejual lebih dari 200 juta unit dan termasuk handphone paling laris sepanjang masa. Nokia juga yang pertama ngenalin handphone yang dikombinasi sama konsol game dengan ngeluarin N-Gage. Buat ngejalanin handphone2 ini, Nokia mempercayakan software handphonenya ke Symbian yang juga dipake sama Samsung, Motorolla dan Sony Ericsson. Karena populernya Nokia yang merupakan klien utamanya di pasar handphone, Symbian ikut terkenal dan jadi operating system handphone paling laris.

Di saat ini roda mulai berputar. Nokia yang sempet ngerasain puncak paling tinggi roda di industrinya mulai surut perlahan dan pasti.

Nokia yang duduk di kursi paling tinggi vendor terbesar handphone dunia mulai mengalami kesurutan. Saat2 ini pertama kali pas jaman2nya Apple ngeluarin iPhone dan mulai bersanding ngelawan Nokia N95. Nokia ngeluarin 5800 XpressMusic buat nandingin iPhone 3G dan N97 buat nandingin iPhone 3GS. hebohnya Nokia lawan Apple sempet bikin kesel perusahaan asal Finlandia itu dan ngegugat Apple yang nyuri ide2 inovasinya. Apple ngebales dengan tundingan serupa. Masalah ini diselesaikan dengan cara pembagian paten.

Tekanan dari pesaing makin gencar. Selain dari touchscreen handphone dari Apple dan Google Android, minat pasar terhadap Nokia juga berkurang disaat Nokia E52 yang ngandelin sistem QWERTY ditekan sama RIM Blackberry.

Tekanan itu terus bertambah. Disaat Samsung dan Sony Ericsson yang pake Symbian mulai milih Android untuk jadi operating systemnya, Nokia jadi satu2nya perusahaan asal Jepang yang pake Symbian. Niat Nokia untuk tetep pake Symbian masih mantap dan Nokia mulai ngembangin Symbian^3 yang ternyata gagal. Tahun 2010, pasar Symbian turun jadi 32%.

Belajar dari pengalaman kegagalannya, Nokia beralih ke Windows Phone di tahun 2011 untuk handphone tipe smartphone. untuk yang bukan smartphone, Nokia ngembangin Symbian seri 40 dan ngeluarin MeeGo di tahun 2011 untuk Nokia N9. Semenjak Nokia diakuisisi Microsoft, produk2nya seperti OVI, dan Nokia Maps merger jadi bagian dari Microsoft. Kenyataan ini ternyata kembali ngebuat pasar Nokia merosot. Nokia sebagai vendor handphone nomer 1 dunia turun ke posisi 10 dalam waktu 2 tahun. Tahun 2012, Nokia cuma berhasil ngejual 600,000 handphone Symbian dan Windows Phone 7 di Amerika sementara tahun 2010, Nokia bisa ngejual lebih dari 30 juta handphone Symbian di akhir tahun 2010.

Hasil dari semua ini membuktikan kalau rencana cadangan Nokia buat tetep bergerak di bidang industri telekomunikasi gagal.

Mungkin dalam waktu kedepan, handphone Nokia bisa dimasukin ke sejarah sebagai salah satu merek handphone paling terkenal di dunia yang akhirnya gagal karena kejamnya persaingan bisnis.

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 3 days 4 hours ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 498
sejarah singkat yang panjang

sejarah singkat yang panjang om. sayang Nokia gak pake Android dari awal tapi malah milih Windows Phone. tapi Nokia yang pake Windows itu bagus lho. seandainya developer pada rajin juga bikin apps buat Windows Phone pasti bisa juga bersaing. tapi walaupun gagal, Nokia gak bakal bangkrut. Dananya kan sekarang dari Microsoft yang kliatannya mustahil bangkrut.

Nokia 3310 = hape pertama ane. dulu rasanya ajaib banget itu henpon.

0
No votes yet
Banuarto
Banuarto's picture
Offline
Last seen: 7 months 2 weeks ago
Joined: 4 Sep 2013 - 13:30
Points: 238
padahal perusahaan lama

padahal perusahaan lama banget ya? sayang banget kalo berubah namanya. dunia terus berputar, yang diatas gak akan selamanya diatas. yang dibawah juga gak selalu dibawah. jadi terus berusaha dan bersyukur :)

0
No votes yet
Darman
Darman's picture
Offline
Last seen: 4 months 1 week ago
Joined: 14 Aug 2013 - 14:47
Points: 499
suatu kesalahan terbesar

suatu kesalahan terbesar Nokia untuk pake Windows Phone.

bukan berarti Windows Phone itu jelek, tp orang udah seneng dan banyak pake Android. harusnya dia ngikut Samsung, dll dan bisa maju terus. liat aja Lumia vs. Galaxy. bentuk dan kualitas menang Lumia. seandainya Nokia pake Android, Lumia bisa aja sebanding penjualannya sama Xperia atau variasi HTC One.

0
No votes yet
Toni
Toni's picture
Offline
Last seen: 4 months 2 weeks ago
Joined: 22 May 2013 - 14:59
Points: 355
nokia kan sekarang udah ada

nokia kan sekarang udah ada yang pake android bang :) nokia variasi x

0
No votes yet
Darman
Darman's picture
Offline
Last seen: 4 months 1 week ago
Joined: 14 Aug 2013 - 14:47
Points: 499
ya maksud gue dulu, bro. hehe

ya maksud gue dulu, bro. hehe. kenapa nokia gak pake android dari awal. padahal samsung, sony ericsson, dll yang udah ngerasa symbian gak bisa bersaing langsung adopsi android :)

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 3 days 4 hours ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 498
Symbian padahal lagi develop

Symbian padahal lagi develop versi barunya buat generasi pengganti versi touchscreennya. Tapi krn Android udah tenar duluan dab bisa nandingin Apple, Symbian yg masih tahap development ini gagal.

Coba Symbian udah ambil ancang2 dulu pas jamannya Nokia 5800 xpressmusic. Bisa jadi gak gagal tuh Nokiyen.

0
No votes yet
Agung
Agung's picture
Offline
Last seen: 2 months 1 week ago
Joined: 29 Apr 2014 - 14:28
Points: 372
From zero to hero... And back

From zero to hero... And back to zero again. Nama Nokia gak sebesar dulu. Bisa dibilang jaman2 jasanya Nokia, gak ada hp yang bisa ngalahin baik dari design atau interface...

Tapi semenjak iPhone dan hp2 Android keluar, Nokia cuma bisa nelen ludah... Belom lagi ceritanya si Stephen Elop yg dituduh jadi kuda troya supaya Nokia bisa dibeli Microsoft.

0
No votes yet
Prabusuwono
Prabusuwono's picture
Offline
Last seen: 3 days 4 hours ago
Joined: 13 Dec 2013 - 14:31
Points: 498
Dari nokia pisang sampe yang

Dari nokia pisang sampe yang tanpa antena. Padahal lumia bagus lho.

0
No votes yet
Rian
Rian's picture
Offline
Last seen: 9 months 1 week ago
Joined: 28 Feb 2013 - 10:12
Points: 310
Nokia cuma salah jalan aja.

Nokia cuma salah jalan aja. Kenapa dia pertahanin Symbian. Seandainya dia pake Android dari dulu, gak perlu dia nebeng Microsoft seperti sekarang dan saya yakin kalo dia bisa nahan lajunya Samsung.

0
No votes yet
Krisantini
Krisantini's picture
Offline
Last seen: 4 years 11 months ago
Joined: 20 May 2014 - 00:15
Points: 35
sorry numpang nanya, bukan

sorry numpang nanya, bukan hanya lumia ya? kan gak semua nokia isinya windows.

0
No votes yet